Inilah Aksi-Aksi Ridwan Kamil Yang Damaikan Jakmania & Bobotoh

43

Sapujagat.comkompetisi Piala Presiden 2015 telah selesai di gelar. Tim asal Bandung, Persib, memastikan merengkuh gelar juara usai mengalahkan klub Palembang, Sriwajaya FC, di laga final meski di tengah ancaman mencekam serangan suporter The Jakmania.

Kekhawatiran bentrok keduanya menjadi fokus pada Final Piala Presiden di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/10) lalu. Kondisi ini membuat kedua kepala daerah turun tangan.

Jakmania merupakan pendukung fanatik tim asal DKI Jakarta, Persija, notabene musuh bebuyutan fans Persib, Bobotoh. Keduanya kerap terlibat kisruh bahkan hingga menimbukan korban jiwa.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menjadi sosok penting dalam upaya mendatangkan Bobotoh ke ibu kota. Pertemuannya dengan Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama alias Ahok hingga Kapolda Metro Jaya Tito Karnavian, membuahkan hasil positif.

Itikad baik Emil, sapaa akrabnya, menjadi jalan ribuan Bobotoh akhirnya tiba di Jakarta. Kesempatan ini tentu disambut riuh gembira para fans klub berjuluk Maung Bandung tersebut.

Dahaga bertahun-tahun ingin menyaksikan tim kesayangannya main di ibu kota akhirnya terbayar. Apalagi kedatangannya ini spesial, mendukung Persib di laga final.

Peran Emil tidak hanya berkoordinasi dengan Ahok dan Kapolda Metro Jaya. Dia juga terjun langsung memberangkatkan para Bobotoh dari Bandung menuju Jakarta. Pelbagai instruksi diberikan Emil kepada pendukung Persib.

“Pastikan kita datang tertib, pulang tertib. Datang aman, pulang aman. Jangan buang sampah sembarangan,” pesan Emil kepada Bobotoh sebelum berangkat ke GBK.

Emil juga ikut dalam rombongan Bobotoh menuju arena final Piala Presiden. Pengawalan ketat kepolisian mengiringi ribuan fans Persib menggeruduk ibu kota. Sesampainya di Jakarta, lagi-lagi dia ingin memastikan rombongannya tidak buat onar.

Jerih payah Emil ternyata tidak sia-sia. Persib berhasil menyabet gelar juara Piala Presiden dengan skor 2-0 dari Sriwijaya FC. Wajah sumringah Emil tidak bisa ditutupi usai peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan ditiup wasit Djumadi Effendi sebagai pengadil partai puncak.

Inilah sepak terjang Ridwan Kamil damaikan Bobotoh dan Jakmania yang di rangkum merdeka.com

Ridwan Kamil Berikan batu akik ke Ketua Jakmania

batu akik untuk persija

Orang nomor satu di Bandung yang akrab disapa Kang Emil menemui pimpinan The Jak di di kantor Persija Jakarta. Dalam kesempatan yang juga dihadiri oleh Maruarar Sirait (SC Piala Presiden), Kang Emil memberikan akik sebagai simbol perdamaian.

“Saya juga memberikan batu akik oranye kesayangan kepada ketua Jakmania, Bang Icat, sebagai simbol rasa perdamaian. Mari fokus pada prestasi olahraga, bukan pada permusuhan dan kebencian yang dangkal tidak berujung,” kata Ridwan Kamil setelah menggelar pertemuan, yang disampaikan melalui akun Facebooknya.

Ridwan Kamil menyampaikan permisi untuk bertanding di Jakarta

ridwan kamil ke markas persija

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, sore tadi mendatangi Kantor Persija Jakarta di Senayan, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut hadir politisi PDIP, Maruarar Sirait, lalu Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, manajemen Persija, Bobby, dan Ketua Suporter Persija, Richard.

Dalam pertemuan tersebut, Ridwan Kamil menyampaikan permisi untuk bertanding di Jakarta. “Tidak lain tidak bukan kami ini tamu, tamu harus tau diri, tamu menyampaikan niat, ya hari minggu kan kita ada final Piala Presiden. Karena mainnya ada di Jakarta ya kita menghaturkan permisi gitu,” ujar Ridwan di kantor Persija, Senayan, Jakarta, Jumat (16/10).

Ridwan ingin final kejuaraan Piala Presiden ini sebagai sebuah kegembiraan, bukan layaknya seperti sebuah perang.

“Kita tidak harus setiap tahun seperti ini seolah-olah mau perang harus ada cara lebih baik nonton kegembiraan bukan nonton ketakutan. Pesta rakyat bukan pesta provokasi atau kerusakan. Saya dekati suporter agar mengubah kultur,” paparnya.

Ridwan Kamil Janji sambut spesial Jakmania bila main di BandungJanji sambut spesial Jakmania bila main di Bandung

342848_ridwan-kamil-kunjungi-markas-persija_663_498

Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk mengambil pelajaran dari ketidakmajuan sepakbola di Indonesia. “Sudah sepakbolanya tidak berprestasi, kita malah terkenal dengan hal-hal yang tidak ada urusannya dengan nilai olahraga. Oleh karena itu saya titip pesan agar menerima kami dengan apa adanya,” jelasnya.

Kang Emil, sapaan akrabnya, bahkan mengatakan jika Persija saat datang ke Bandung nanti, dia juga tak segan mempersilakan mereka datang berkunjung ke pendoponya.

“Saya sebagai wali kota masih ada kesempatan kalo nanti Persija atau Jakmania ke Bandung tolong kabari. Ini hanya masalah koordinasi,” ucapnya.

“Ini ada kejadian-kejadian yang bisa diselesaikan dengan baik. Jangan sampai lepas kendali karena hanya masalah kurang koordinasi saja. Itu jaminan saya, bahkan kalo mau main ke Bandung seperti arahan Bang Yos, bisa saya terima di pendopo saya di Kota Bandung,” sambungnya.

Ridwan Kamil kirim Petugas Bersihkan GBK usai final

bersih-bersih gbk usai final piala presiden

Beberapa coretan ditemukan usai laga final Piala Presiden 2015 antara Persib Bandung versus Sriwijaya FC, Minggu (18/10) kemarin dengan skor 2-0 untuk Persib. Paling tidak coretan itu diunggah dia di akun instagramnya : Untukmu Rangga Kami Juara.

“Tim Bagumpal tidak pulang sebelum selesai menghapus vandalisme bobotoh. Pengalaman di Jakabaring banyak bobotoh (corat-coret),” kata pria yang karib disapa Emil ini, di Bandung, Senin (19/10).

Sehingga sebelum berangkat ke Jakarta Emil mengaku sudah mempersiapkan antisipasi jika GBK dicorat coret oleh oknum bobotoh. Beberapa alat dibawa oleh Bagumpal berupa thiner, cat, kuas, cat dan lap.

“Memang dari awal sudah dipersiapkan, tidak spontan. Hari ini harus bersih,” tegasnya.

Ridwan Kamil Minta Bobotoh ibadah jadi perayaan Persib juara

88dd7307-8314-4075-910b-0355d2c5e473_169

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil sempat mengingatkan jika Persib Bandung berhasil mengalahkan Sriwijaya FC sekaligus meraih trofi Piala Presiden, agar seluruh Bobotoh merayakannya di masjid terdekat. Ajakan Ridwan yang akrab dipanggil Kang Emil tersebut muncul saat menjawab cuitan akun @persibonline Jumat (16/10) lalu.

“Kang @ridwankamil untuk yang di Bandung, titik akhir yang paling pas untuk merayakan gelar juara pada hari H di mana kang?” tanya akun @persibonline.

Lantas Wali Kota yang menggilai Persib tersebut menjawab agar perayaan di tempat ibadah terdekat. Selain itu dia meminta supaya perayaan dilakukan dengan ibadah bersama.

“Di masjid-masjid terdekat. salat berjamaah terus bubar dengan damai,” jawabnya melalui akun @ridwankamil.