Insiden Valentino Rossi dan Mark Marquez, Inilah 12 Kemiripan Valentino Rossi dan Marc Marquez

72

Sapujagat.comMotoGP Malaysia 2015 penuh drama dan kejadian di race ini, kejadian itu adalah tendangan kaki Valentino Rossi kepada motor Marc Marcquez sehingga Marcquez terjatuh dan tidak bisa melanjutkan race.

Race Direction akan melihat ulang insiden tersebut dan membuat keputusan selanjutnya. “Jelas bahwa Valentino dengan sengaja menendang motot Mark. Jadi, kita lihat keputusan pada akhir balapan nanti,” kata Livio Suppo, Kepala Tim Repsol Honda, yang diberitakan Crash.net

Marquez pun tidak melanjutkan balapan dan memilih masuk pit. Sementara Rossi nyaman di posisi 3 namun nampak sulit mengejar Pedrosa dan Lorenzo di posisi 1 dan 2. Posisi ini terus bertahan hingga finish. Rossi pun naik podium.

Namun diantara Insiden Valentino Rossi dan Mark Marquez, terdapat kemiripan antara keduanya. Marc Marquez kerap digadang-gadang menjadi penerus sembilan kali juara dunia, Valentino Rossi. Ekspektasi pun kian meningkat setelah Marquez sukses merebut gelar dunia MotoGP di musim debutnya.

Marquez disebut-sebut sebagai suksesor The Doctor bukan tanpa alasan. Sepanjang musim 2013 ada saja ‘kelakuannya’ yang mengingatkan penggemar dan penghuni paddock MotoGP pada Rossi.

Rossi sendiri bahkan mengaku Marquez sering mengingatkannya pada masa muda.

Inilah Kemiripan Valentino Rossi dan Marc Marquez

1. Juara Dunia GP125

rossi dan marquez juara dunia gp125

Rossi dan Marquez sama-sama pernah menjuarai kelas balap teringan, GP125. Rossi menjuarai kelas tersebut pada tahun 1997 dengan koleksi 11 kemenangan. Sementara Marquez mejuarainya pada tahun 2010 dengan koleksi 10 kemenangan.

2. Runner-Up GP250/Moto2

rossi dan marquez Runner-Up GP250

Rossi dan Marquez sama-sama naik ke kelas balap menengah, GP250/Moto2 tepat setahun setelah menjuarai kelas GP125. Mereka juga turun di kelas tersebut selama dua musim. Pada musim pertama, mereka sama-sama duduk di posisi runner-up.

3. Juara Dunia GP250/Moto2

rossi dan marquez Juara Dunia GP250

Pada musim kedua mereka di kelas balap menengah, Rossi dan Marquez pun sukses menjadi juara dunia. Rossi menjuarai GP250 pada tahun 1999, sementara Marquez menjuarai Moto2 2012. Jumlah kemenangan yang mereka koleksi pun sama, yakni sembilan kemenangan.

4. Debut di GP500/MotoGP

marquez dan rossi Debut di GP500

Rossi dan Marquez juga naik ke kelas balap tertinggi, GP500/MotoGP tepat setahun setelah menjuarai GP250/Moto2. Motor yang digunakan pada musim debut mereka pun sama, yakni motor keluaran Honda. Rossi mengendarai NSR500, sementara Marquez mengendarai RC213V.

5. Manuver Jerez

Valentino Rossi dan Marquez

Dalam MotoGP Spanyol 2005 silam, Rossi melakukan aksi salip kontroversial kepada salah satu rival terberatnya, Sete Gibernau di tikungan terakhir Sirkuit Jerez. Rossi memenangkan balapan, sementara Gibernau finis kedua. Akibat insiden itu, Gibernau marah dan sempat bersitegang dengan Rossi di parc ferme.

Dalam MotoGP Spanyol 2013, Marquez pun melakukan manuver yang dilakukan Rossi di tempat yang sama pula. Ia melakukannya pada rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo. Marquez finis kedua di belakang Dani Pedrosa, sementara Lorenzo finis ketiga. Akibat insiden itu, Lorenzo menolak jabatan tangan Marquez dan menolak bersulang di atas podium.

6. Gagal Finis di Mugello 2013

marquez dan rossi

Saking ‘kompaknya’, Rossi dan Marquez pun sama-sama gagal finis di MotoGP Italia 2013 yang digelar di Sirkuit Mugello. Jika Rossi gagal finis akibat bersenggolan dengan Alvaro Bautista di lap pertama, Marquez terjatuh dari posisi kedua saat balapan menyisakan tiga lap akibat ban yang selip.

7. Manuver Laguna Seca

manuver rossi dan mark marquez

Rossi pernah melakukan manuver menyalip yang cukup kontroversial pada Casey Stoner di Tikungan Corkscrew, Sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat pada tahun 2008 silam.

Marquez pun melakukan manuver serupa pada Rossi di tempat yang sama pada musim 2013 ini. Hal ini pun sempat membuat Rossi terheran-heran sekaligus senang.

8. Nomor Balap

nomer rossi dan marquez

Rossi merupakan salah satu pebalap dalam sejarah Grand Prix yang ogah menggunakan nomor balap 1 setelah menjadi juara dunia. Rossi pun tetap menggunakan nomor 46 hingga kini.

Langkah inipun diikuti Marquez. Meski sukses meraih gelar dunia MotoGP 2013, Marquez mengaku akan tetap menggunakan nomor 93 pada musim 2014 nanti.

9. Minat pada Formula 1

rossi dan marquez minat pada f1

Rossi dan Marquez ternyata sama-sama memiliki minat di dunia balap mobil, termasuk kejuaraan balap mobil terakbar di dunia, Formula 1. Rossi sendiri kerap digosipkan akan berpindah ke F1 setelah didapati beberapa kali menjalani uji coba dengan Scuderia Ferrari di Sirkuit Maranello, Italia.

Marquez pun baru-baru ini mengaku berniat menjajal mobil F1 meski belum ada tim yang menawarinya kesempatan. “Mengendarai mobil F1 pasti menyenangkan. Akan sangat menarik untuk menjajal mobil dan mencari pengalaman di sana. Kita lihat saja nanti apakah ada kesempatan untuk mengendarainya,” ujar Marquez.

10. Rival Berat

rival marquez dan rossi

Selama berkarir di MotoGP, Rossi memiliki rival berat baik di dalam maupun luar lintasan, salah satunya adalah Max Biaggi. Meski sama-sama berasal dari Italia, kedua pebalap ini kerap bersitegang. Rivalitas mereka pun disebut-sebut sebagai salah satu rivalitas tersengit dalam sejarah Grand Prix.

Sama seperti Rossi, Marquez pun memiliki rival berat bahkan sejak musim debutnya di MotoGP, salah satunya adalah Jorge Lorenzo. Marquez dan Lorenzo pun dikenal sering bertukar komentar pedas, terutama soal gaya balap Marquez yang dinilai terlalu agresif.

Uniknya, keempat pebalap ini seolah menciptakan dua kubu persaingan. Sementara Rossi bersahabat dengan Marquez, Lorenzo yang juga memiliki hubungan buruk dengan Rossi pada musim 2008-2010 malah dikenal bersahabat dengan Biaggi.

11. Gelar di Tiga Kelas

gelar 3 gelas marquez dan rossi

Rossi dan Marquez merupakan dua dari empat pebalap dalam sejarah Grand Prix yang mampu mengoleksi gelar di tiga kelas balap berbeda. Berkat gelar dunia di kelas GP125, GP250/Moto2 dan GP500/MotoGP, nama mereka pun bersanding dengan Phil Read dan Mike Hailwood.

12. Rossi dan Marquez Selalu Ceria

Inilah 12 Kemiripan Valentino Rossi dan Marc Marquez

Selain hebat ketika beraksi di lintasan, Rossi dan Marquez merupakan dua pebalap yang dikenal lucu. Dalam keadaan menang atau kalah, keduanya selalu terlihat ceria.