Kabut Asap, Tiga Kapal Perang Siap Evakuasi Korban Asap - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Kabut Asap, Tiga Kapal Perang Siap Evakuasi Korban Asap

on

Sapujagat.com – TNI AL mengatakan sudah menyiapkan sembilan kapal perang untuk mengevakuasi korban kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera, Riau, dan Kalimantan. Kapal yang disiapkan juga memiliki mode berbeda.

Untuk mengevakuasi para korban kabut asap, pemerintah melalui TNI menyiagakan 3 kapal perang  di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Ketiga kapal tersebut menurut Komandan Lanal Banjarmasin, Kolonel Laut Haris Bima Bayuseto, adalah KRI Banda Aceh-593, KRI Teluk Jakarta-541, dan KRI dr Soeharso.

Satu dari tiga kapaal tersebut, yakni KRI dr. Soeharso, kata  Haris Bima masih lego jangkar di Muara Sungai Barito. Bima sendiri belum bisa memastikan apakah kapal itu membawa muatan 1000 unit air purifier atau alat pembersih udara seperti yang dijanjikan pemerintah akan didistribusikan di Banjarmasin.

“Saya enggak tahu apakah ada air purifier yang dibawa. Karena belum bongkar,” kata Bima saat menyambut kedatangan kapal tersebut Minggu malam.

Pelajar Korban Asap Enggan Dievakuasi

Federasi Seluruh Guru Indonesia (FSGI) menilai pemerintah tidak peka terhadap nasib murid yang berada di provinsi terdampak. Menurut Retno Listyarti,

pemerintah masih belum konkrit dan tegas dalam membuat sebuah kebijakan. Khususnya bagi para peserta Ujian Nasional.

Sehingga, tak jarang banyak para murid yang masih enggan untuk dievakuasi disebabkan tidak mau ketinggalan pelajaran yang menyebabkan nilai ujian nasional (UN) mereka menjadi tidak bagus.

Meski ujian nasional (UN) tidak lagi sebagai penentu kelulusan, namun itu masih dijadikan standar untuk mendaftar ke jenjang selanjutnya. FSGI pun mendorong pemerintah agar pelaksanaan ujian nasional (UN) ditunda. Pertimbangan ini diambil melihat kondisi asap yang tidak dapat diprediksi.

“Jika sudah ada waktu penundaannya, kan jadi jelas kapan harus penerimaan siswa baru dan agenda akademik lainnya,” ucapnya.

Recommended for you