Seram, Foto-Foto Ini Tunjukan Gunung Lawu Terbakar Merembet ke Pemukiman

71

Sapujagat.comKebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu, Kebakaran yang melanda Gunung Lawu sudah merembet menuju pemukiman warga Cemoro Kandang, Karanganyar, Jawa Tengah. Demikian foto Gunung Lawu terbakar yang beredar di Facebook sebagaimana yang diunggah akun Facebook Komunitas Karanganyar Tenteram.

“Cuaca kering, angin kencang dan medan berat menyebabkan api belum dapat dipadamkan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com, Minggu (25/10/2015).

Sutopo menjelaskan, dari Sabtu (24/10) malam hingga Minggu dini hari api merembet dari Pos 3 jalur Sewu dan Cemoro Kandang ke Pos 1 dan satu jalur Cemoro Sewu. Kemudian pada siang hari api semakin membesar dan mendekati pemukiman warga sore harinya. Tanaman yang terbakar adalah pinus sehingga mudah sekali menjalar ke tempat lain.

Pada Sabtu lalu pukul 23.30 WIB dan pada Minggu pukul 04.00 WIB api telah mencapai Pos satu dan satu jalur Cemoro Sewu. “Pada siang hari api semakin membesar di pos satu Cemoro Sewu dan mendekati pemukiman,” katanya.

Pada pukul 17.00 WIB, tambah dia, kebakaran sudah merembet ke Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. “Di wilayah Jawa Tengah api terlihat di empat titik api, yaitu di sekitar petak 63 belakang pos dua Cemoro Kandang, atas Gondosuli, sekitar Tahura di Pos dua hingga tingga serta satu titik dari arah Jogorogo menuju jalur Candi Cetho,” katanya.

Pada saat ini pemadaman masih terus dilakukan. “Untuk sementara jalur Cemoro Sewu ditutup dari pengunjung, dan masyarakat diharapkan mengikuti petunjuk yang diberikan instansi terkait,” katanya. Api yang mengarah ke pemukiman warga, tambah dia, untuk sementara ini dapat di atasi.

Sementara itu, Tim SAR gabungan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga Minggu malam terus disiagakan di sepanjang jalur rambatan api agar tidak mendekati daerah permukiman di kawasan Cemoro Sewu Plaosan Kabupaten Magetan.

Menurut Komandan SAR Karanganyar M. Abdullah yang mewakili Basarnas Semarang bahwa tim SAR gabungan terus melakukan pemadaman kebakaran hutan di Lawu, dan berhasil menahan rembetan api masuk ke daerah hunian di Cemoro Sewu, Jawa Timur.

Lebih lanjut M. Abdullah mengatakan, sekitar delapan mobil pemadam kebakaran asal Karanganyar, Jawa Tengah dan Magetan, Jawa Timur berusaha melakukan pemadaman di kawasan punggung bukit sejak pukul 14.00 WIB hingga malam.

Tim gabungan yang terdiri komunitas Anak Gunung Lawu, SAR, Basarnas, anggota TNI, dan Polri baik dari Karanganyar Jateng dan Magetan Jatim telah dikerahkan untuk memadamkan api yang jarakanya sudaj sekitar 100 meter dari daerah pemukiman.

“Sukarelawan disiagakan di sepanjang alur rambatan api yang sudah merembet di kawasan belakang rumah penduduk di Cemoro Sewu dan kini mulai merambat ke Cemoro Kandang,” katanya.

Dia mengatakan sukarelawan sudah mulai terkuras tenaganya karena mereka bekerja keras sejak Minggu siang hingga malam.

“Kami berharap ada bantuan sukarelawan sebagai tenaga baru untuk mengganti kegiatan pemadaman di hutan Lawu,” katanya.

Menurut dia, hunian penduduk di Cemoro Kandang Karanganyar masih relatih aman karena letaknya di seberang jalan dari hutan yang terbakar.

Selain itu, petugas PLN sudah disiapkan di lokasi kawasan pemukiman untuk mengantisipasi jika ada kabel listrik yang terbakar untuk dilakukan pemadaman. Hal tersebut, kata dia, berbeda di Cemoro Sewu Magetan yakni lokasi kebakaran hutan di atas pemukiman warga. Namun, SAR berhasil menghadang api tidak sampai merembet ke daerah hunian.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magetan, Jatim, Agung Lewis, kejadian kebakaran hutan Lawu sudah merembet ke pintu masuk pos pendakian Cemoro Sewu, tetapi kejadian itu tidak ada laporan adanya korban jiwa.

Agung Lewis meminta kepada Warga agar tetap tenang dan waspada. Pihaknya mengimbau warga untuk keluar rumah untuk antisipasi kejadian kebakaran tersebut.

Berikut ini Foto-Foto Gunung Lawu terbakar merembet ke pemukiman

Foto-Foto Gunung Lawu Foto-Foto Gunung Lawu terbakar merembet ke pemukiman warga Foto-Foto Gunung Lawu terbakar merembet ke pemukiman Foto-Foto Gunung Lawu terbakar Foto-Foto Gunung Lawu terbakar merembet ke jawa tengah