Dapat Subsidi, Tarif Commuter Line Batal Naik Bulan November - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Dapat Subsidi, Tarif Commuter Line Batal Naik Bulan November

on

Sapujagat.com – Pada 16 Oktober 2015 yang lalu, Manager Komunikasi PT KCJ, Eva Chairunis menyebutkan bahwa tarif angkutan KRL Commuter Line akan berubah pada November 2015. Perubahan ini terjadi karena masa kontrak subsidi public service obligation (PSO) dengan PT Kereta Commuter Line (KCJ) akan habis pada 18 November mendatang.

“Ini penyesuaian tarif. Jadi istilahnya tidak naik karena tarif dasar yang KCJ tetapkan Rp 5.000 tidak berubah,” terang Manager Komunikasi PT KCJ, Eva Chairunisa, kepada merdeka.com, Jumat (16/10).

Namun, Tarif commuter line batal naik November ini. Dirjen Perkeretaapian Hermanto memastikan subsidi tetap akan diberikan pemerintah pada November dan Desember ini.

“Tidak ada kenaikan November ini, sudah disetujui Kemenkeu akan dibayar tahun depan,” jelas Hermanto di Washington DC, AS, Senin (26/10/2015).

Kenaikan jumlah penumpang pada 2015 ini yakni perharinya mencapai 850 ribu penumpang memang membuat dana subsidi tersedot hingga jatah November dan Desember terpakai. Tapi semua kini sudah ditangani.

“Nanti tahun depan yang sisa pembayaran tinggal dimasukkan anggaran dan diaudit BPK, berapa yang harus dibayarkan,” jelas dia.

Subsidi ini diberikan agar masyarakat tetap memilih angkutan umum. Untuk 2015 ini subsidi mencapai Rp 1 triliun.

“Pada 2018 jumlah penumpang di Jabodetabek diprediksi hingga 1,2 juta penumpang. Nanti akan ditambah jumlah gerbong hingga 12 rangkaian dan sekarang disiapkan,” tutup Hermanto.

Recommended for you