Divonis Takan Hidup Lama, Pria India Ini Tetap hidup Dengan Jantung di Luar Tubuh - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Divonis Takan Hidup Lama, Pria India Ini Tetap hidup Dengan Jantung di Luar Tubuh

on

Sapujagat.com – Sebuah kondisi luar biasa menimpa seorang pria asal India. Arpit Gohil (18) terlahir dengan jantung tumbuh di luar badan dan berada di antara tulang rusuknya. Orang tua Arpit pada awalnya sudah pesimis akan harapan hidup putra mereka, karena kondisi anatomi yang sangat langka ini. Namun sebuah keajaiban membuatnya sanggup bertahan hingga sekarang.

Seperti dilaporkan Dailymail, Gohil terlahir dengan kondisi ectopia cordis 18 tahun lalu. Kondisi tersebut merupakan adanya anggota tubuh yang tidak berada di tempat semestinya. Kondisi langka ini biasanya hanya terjadi pada delapan dari satu juta bayi di India.

Arpit Gohil india

Saat dilahirkan dulu, dokter sempat meyakini jika Gohil tak akan bertahan lama. Namun ternyata, sebuah keajaiban muncul dan membuat sang pria hidup hingga sekarang. Bahkan, Gohil hidup layaknya orang biasa tanpa kelainan tersebut. Ia bisa melakukan aktivitas seperti memanjat pohon dan mengendarai sepeda.

“Kadang-kadang, saya merasa dia benar-benar sehat dibandingkan anak laki-laki normal seusianya. Jadi saya tidak pernah membawanya ke dokter. Saya tidak pernah berpikir akan membawanya ke rumah sakit untuk dioperasi,” kata Vikrambhai, ayah Gohil.

Menurutu dokter dari Heart Institute Nadiad, Sanjeet Peter, kondisi Gohil tidak bisa didiamkan begitu saja. Pasalnya, akan banyak risiko yang ditanggung seperti infeksi yang bisa menyerang jantung pria ituy.

“Risiko infeksi, seperti pneumonia akan jauh lebih buruk baginya dibandingkan pasien normal. Dia pun bisa meninggal kapan pun.”

organ tubuh Arpit Gohil

“Dia telah belajar untuk mengatasi kekurangannya. Tapi kita tidak tahu berapa lama dia bisa terus hidup seperti sekarang. Jika dia jatuh, atau tergelincir, dia bisa mengalami penyakit serius. Apalagi dia bekerja di peternakan yang tidak 100 persen aman,” katanya.

Kabarnya, Gohil ini telah mempertimbangkan untuk melakukan operasi pemindahan jantung ke posisi sebenarnya.

 

Recommended for you