Ih Seram, Video Awal Pembuatan Lensa Kontak Bikin Anda Meringis - Infotainment News Online Terkini

JagatLifestyle

Ih Seram, Video Awal Pembuatan Lensa Kontak Bikin Anda Meringis

on

Sapujagat.com – Mata adalah jendela jiwa yang memancarkan pesona tersendiri. Karena itu, sebagian orang enggan menyembunyikannya di balik kacamata. Lensa kontak menjadi alternatif pilihan untuk membantu penglihatan sekaligus memperindah mata.

Lensa kontak atau soft lens sudah menjadi tren di masyarakat saat ini. Selain mengganti fungsi kacamata, lensa kontak juga berfungsi untuk memperindah penampilan seseorang dengan variasi warnanya.

Risiko dari Penggunaan Kontak Lensa

Keratitis

Keratitis merupakan peradangan pada kornea mata. Penyebabnya antara lain cedera ringan akibat penggunaan lensa kontak terlalu lama, infeksi bakteri, virus, jamur atau parasit akibat proses pembersihan lensa kontak yang tidak benar. Menggunakan lensa kontak terus-menerus, saat berenang atau menggunakan air untuk membersihkan lensa kontak dapat meningkatkan risiko terkena keratitis.

Sindrom Mata Kering

Menggunakan lensa kontak terlalu lama, atau berada di ruangan dengan pendingin, dan mengabaikan petunjuk penggunaan lensa kontak dapat memicu sindrom mata kering.

Sindrom mata kering merupakan kondisi umum ketika mata tidak memproduksi cukup air mata, atau air mata menjadi terlalu cepat kering. Hal ini memicu peradangan dan iritasi pada mata. Pada tahap yang tidak serius, Anda dapat memberikan tetes mata. Namun pada tahap serius, Anda mungkin membutuhkan penanganan medis.

Abrasi Kornea

Lensa kontak yang kotor dapat menyebabkan kornea mata tergores atau abrasi. Hal ini menyebabkan rasa sakit yang parah dan tidak nyaman. Jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan penurunan penglihatan menetap.

Konjungtivitis

Kondisi ini ditandai dengan lapisan paling luar mata yang menjadi merah. Konjungitivitis atau ‘mata merah’ bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau iritasi dari lensa kontak. Selain merah, mata juga menjadi berair.
Namun tahukah Anda bahwa lensa kontak sudah mulai diperkenalkan sejak tahun 40-an. Saat itu, lensa kontak tidak diperjualbelikan dengan bebas, melainkan harus diukur terlebih dahulu sesuai dengan kondisi mata pasien.

Dalam sebuah video berjudul Contact Lenses (1948) yang diunggah oleh akun British Path Video cara pembuatan lensa kontak, Anda bisa melihat seperti apa pembuatan lensa kontak. Awal pembuatan lensa kontak ini dijamin akan membuat Anda meringis.