Hati Hati Inilah 5 Efek Mengerikan Memakai Alat Kontrasepsi Pil KB

65

Untuk membantu memenuhi kenyamanan dan keamanan berumah tangga pemerintah mencanangkan program 2 anak cukup dengan menggunakan berbagai jenis alat kontrasepsi. Banyak wanita menginginkan alat kontrasepsi yang terbaik untuknya.

Salah satu alat kontrasepsi yang banyak dipilih oleh kaum wanita adalah pil KB. Alasannya selain karena praktis, efektif dan mudah didapat, juga diklaim tidak memiliki banyak efek negatif.

Benarkah demikian? Sama seperti alat kontrasepsi yang lain, ternyata pil KB juga dapat memberi efek negatif untuk peminumnya, walau tidak semua orang mengalami hal yang sama. Berikut ini efek negatif menggunakan alat kontrasepsi berupa pil, untuk tambahan informasi bagi Anda:

 

1. Gangguan siklus haid

Minum pil KB umumnya akan membuat siklus haid seorang wanita berubah menjadi tidak teratur, bahkan kadang diiringi dengan kram dan sakit perut. Ini merupakan masalah paling umum dialami, namun tidak terlalu berbahaya.

2. Perforasi

Perforasi adalah sebuah luka yang memicu perdarahan di jaringan rahim karena lubang.

3. Masalah ketidakseimbangan hormon

Pil KB sendiri membuat komposisi hormon dalam tubuh berubah. Efeknya Anda sering merasa mual, mood berubah, jerawat, obesitas, nyeri payudara, dan lainnya.

4. Kista

Memang jarang terjadi, namun bisa juga timbul kista di ovarium karena hormon progesteron yang berubah jumlahnya.

5. Kehamilan di luar kandungan

Ini lebih sering dialami untuk penggunaan alat kontrasepsi berupa spiral. Hamil di luar kandungan ini membuat janin tidak tumbuh dengan normal, dan seringnya harus diaborsi.

Nah, sudah tahu kan bagaiaman 5 efek negatif dari pil kb, tapi itu semua tergantung pilihan anda. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter kepercayaan anda agar mendapatkan hasil yang positif dan maksimal.