Heboh, Orang Ini Jual Anak Harimau Sumatera Seharga Mobil Di Facebook

500

Sapujagat.com – Netizen kembali digemparkan oleh perdagangan satwa liar di media sosial. Kali ini anak harimau Sumatera dijual di Facebook. Hal ini terjadi di grup Facebook yaitu PASTY (Pasar Hewan dan Tanaman Hias Yogyakarta).

Pemilik akun Facebook Sahasika Naraya memposting gambar anak harimau Sumatera di grup PASTY (Pasar Hewan dan Tanaman Hias Yogyakarta). Kiriman ini pun menjadi viral di media sosial, salah satunya Krisna yang mengunggah capture dari postingan Sahasika ke media sosial Facebook.

20151030173737-1-anak-harimau-dijual-di-facebook-001-yulistyo-pratomo

“Ready khusus kolektor. Harimau sumatera. Spek jitot. Gendong ucel ucel bisa. Silahkan bagi yang serius berminat. Kita telpon telponan. Biar mesra. Yang pasti harganya sama karo grobak rodo 4. Lokasi jogja. Telpon : 082138239648,” tulis Sahasika seperti dikutip merdeka.com, Jumat (30/10).

Terungkapnya kasus perdagangan hewan bukan hanya terjadi sekali saja. Namun Reserse Kriminal bersama Jakarta Animal Aid Network (JAAN) dan Center for Orangutan Protection (COP) berhasil menyita 14 jenis hewan langka.

pengungkapan praktik perdagangan satwa langka secara online di Garut berawal dari laporan masyarakat lewat pesan singkat. Laporan kemudian ditindaklanjuti lewat kerjasama dengan JAAN dan COP.

Penangkapan tersangka berlangsung hari ini. Menurut Sugeng Kepala Unit Direktorat Tindakan Kriminal Khusus Bareskrim, tersangka akan dikenakan UU No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara beserta dengan Rp 200 juta.

Sugeng menuturkan, perdagangan satwa langka lewat online di Tanah Air telah terungkap beberapa kali. “Kita pernah tangkap yang di Bali, Jakarta, dan Tangerang,” ungkap Sugeng saat dihubungi Kompas.com.

Benvika dari JAAN menyerukan perhatian pada praktik perdagangan satwa liar lewat media online. Praktik tersebut tersembunyi namun merugikan sari sisi ekonomi dan konservasi keanekaragaman hayati.