Inidia Fenomena Langka Bin Ajaib, Gurun Terkering Di Dunia Berubah Jadi Hamparan Bunga

69

Sapujagat.comGurun Atacama dijuluki tempat terkering yang dihuni manusia, karena curah hujannya hanya satu milimeter per tahun—dengan frekuensi cuma empat tahun sekali. Sebuah keajaiban datang, setelah kekeringan panjang melanda gurun Atacama di Cile, kini gurun itu berubah jadi taman bunga yang sangat Indah.

Seperti kata pepatah, ‘Cantik itu menyakitkan’, begitu pula perubahan yang dialami Gurun Atacama. Curah hujan tinggi pada Maret dan Agustus menyebabkan tanah longsor dan banjir. Sekira 28 orang meninggal akibat musibah tersebut dan ribuan orang lain kehilangan tempat tinggal.

before after Gurun Atacama

“Wilayah Atacama dikutuk sekaligus juga diberkati. Hamparan bunga indah menghiasi tempat terkering di dunia itu sebagai dampak El Nino dan perubahan iklim,” ujar Daniel Diaz, direktur Pariwisata Nasional Cile, seperti diberitakan ABC News, Sabtu (31/10/2015).

“Tumbuhnya bunga-bunga indah di sana tidak pernah diprediksi sebelumnya. Begitu juga dengan hujan lebat yang sebelumnya tak pernah terjadi di wilayah ini. Kami sangat terkejut,” lanjut Diaz.

Gurun Atacama berbuah jadi taman bunga

Seorang pemandu wisata bernama Rodrigo Arcos menyebut mekarnya bunga-bunga indah sebagai pengalaman yang unik. Fenomena ini juga dapat dijadikan bahan penelitian mengenai dinamika ekosistem dan bagaimana cara bunga-bunga tersebut dapat bertahan hidup.

Sekira 20 ribu pengunjung diprediksi berdatangan ke Gurun Atacama. Mekarnya bunga-bunga indah tersebut menurut para ahli akan berlangsung hingga akhir November 2015.

Gurun Atacama

Peristiwa langka, yang dikenal sebagai Desierto Florido, terjadi ketika curah hujan membantu tumbuhnya kecambah benih mulai mekar, sehingga bunga tumbuh sangat indah di gurun yang sangat tandus itu.

Gurun Atacama berubah jadi indah