Perayaan Halloween Dihebohkan Dengan Penampakan Asteroid Mirip Tengkorak - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Perayaan Halloween Dihebohkan Dengan Penampakan Asteroid Mirip Tengkorak

on

Sapujagat.com – Batu antariksa yang dikenal sebagai 2015 TB145 itu akan berada sekitar 300.000 mil atau 480.000 kilometer dari Bumi, lebih jauh dari bulan tapi relatif dekat dalam ukuran kosmik.

Satu asteroid yang baru ditemukan para ilmuwan bulan ini akan bergerak mendekati Bumi pada Sabtu (31/10), membawa kesempatan terbaik untuk mengumpulkan data tentang pelintasan batu antariksa menurut para astronom.

Asteroid yang diperkirakan berdiameter sekitar 400 meter itu akan melintasi Bumi dengan kecepatan 22 mil atau 35 kilometer per detik sekitar pukul 01.00 (17.00 GMT).

Dalam pengamatan itu terlihat bila batu raksasa itu mempunyai dua lubang menganga besar yang sejajar mirip mata. Sementara tepat di bagian bawah dua lubang itu ada sebuah lubang lain yang lebih kecil. Jika dilihat sekilas, nyaris seperti tengkorak lengkap dengan lubang mata dan hidung.

Menurut NASA, asteroid itu dulunya adalah sebuah komet yang kini sudah mati. Bentuk mirip tengkorak itu diduga terjadi akibat hantaman benda-benda luar angkasa lain dan serangan badai matahari ketika si komet bolak-balik mengelilingi matahari.

“Data dari IRTF mengindikasikan bila asteroid itu adalah komet yang mati, tapi radar dari pusat observasi Arecibo memperlihatkan bila asteroid itu ‘memakai’ kostum tengkorak saat terbang di hari Halloween,” canda ilmuwan NASA, Kelly Fast.

NASA sebagaimana dilansir Daily Mail (30/10) berujar, bila asteroid TB145 hanya akan lewat di dekat Bumi, pada jarak 499.000 kilometer dari Bumi. Berdasarkan perhitungan NASA, jarak terdekat antara asteroid TB145 dengan Bumi pada tanggal 31 Oktober adalah 1,3 kali jarak Bumi-Bulan.
NASA juga mengungkapkan bila 2015 TB145 adalah asteroid dengan lintasan terdekat dengan Bumi sejak tahun 2006. Asteroid lain dengan lintasan terdekat lain diperkirakan baru akan lewat tahun 2027.

“Asteroid TB145 adalah benda langit raksasa dengan lintasan terdekat dengan Bumi, sampai nanti asteroid 1999 AN10 kembali lewat di tahun 2027,” ujar NASA minggu lalu.

Menariknya, data NASA sebelumnya memperkirakan bila lebar asteroid itu mencapai 2,5 kilometer tetapi data Arecibo mengatakan bila diameter asteroid itu hanya 600 meter. Apakah alat observasi NASA dan Arecibo melihat dari sudut yang berbeda? Bagaimana menurut Anda?

asteroid tengkorak di malam Halloween

 

Recommended for you