Tips Desain Kamar Mandi Mungil Agar Terlihat Luas

108

Kamar mandi adalah bagian penting di dalam sebuah rumah, kamar mandi menjadi ruangan terpenting setelah kamar tidur. Fungsi dari kamar mandi yang tidak bisa di abaikan, inilah yang menuntut pemilik rumah untuk memiliki kamar mandi. Sekalipun model rumah anda adalah rumah minimalis, anda pasti menyediakan ruang untuk pembuatan kamar mandi. Solusinya adalah dengan membangun kamar mandi yang minimalis atau kamar mandi yang mungil.

Normalnya sebuah kamar mandi memiliki bathup, shower dan toilet. Namun jika desain kamar mandi anda mungil, ada beberapa bagian dari kamar mandi yang tidak terlalu memiliki fungsi dapat anda hilangkan.

Untuk membuat desain kamar mandi mungil, tentu saja anda membutuhkan ide desain yang matang. Sehingga anda dapat meminimalisir penggunaan ruang tanpa mengurangi fungsionalitasnya. Di bawah ini adalah beberapa tips desain kamar mandi mungil yang bisa dijadikan sebagai referensi :

  • Menggunakan Pintu Kaca

Desain kamar mandi mungil dimulai dari bagian terluar, yaitu pintu. Anda dapat memilih pintu kamar mandi anda berupa kaca. Tentu saja kaca yang digunakan bukan kaca yang bening. Pilihlah kaca yang blur, buram dan tidak transparant. Jangan lupa untuk menggunakan kaca yang cukup tebal, untuk mengurangi resiko terjadinya pecah.

 

  • Menggunakan Keramik Bertekstur

Baik kamar mandi mungil ataupun kamar mandi besar, pemilihan keramik harus benar-benar diperhitungkan. Pemilihan keramik untuk kamar mandi yang paling bijak adalah dengan menggunakan keramik bertekstur. Dengan menggunakan keramik model ini, akan mengurangi resiko terjadinya insiden jatuh karena licin.

 

  • Pemilihan Bentuk Bak Mandi

Memiliki kamar mandi yang mungil cukup mustahil untuk memiliki interior kamar mandi yang lengkap dan mewah. Untuk mengatasinya gunakan saja sebuah bak mandi, anda dapat membangunnya menggunakan keramik atau membeli bak mandi portable. Pilihlah bentuk bak mandi yang tidak terlalu besar, selain itu dapat ditempatkan di bagian pojok, sehingga kedua sisi bak mandi menempel pada tembok.

  • Menggunakan Rak Dinding

Di dalam kamar mandi tentu terdapat benda-benda yang digunakan untuk kebutuhan mandi seperti sabun, shampoo dan lain sebagainya. Untuk menaruh benda-benda ini anda dapat menambahkan rak dinding pada kamar mandi anda. Penggunaan rak dinding akan mengurangi penggunaan ruang pada kamar mandi anda.

 

  • Pemilihan Closet

Closet adalah bagian penting dalam sebuah kamar mandi, jika kamar mandi anda sedikit mungil. Letakkan saja closet di sebelah bak mandi, berada di bagian pojok. Dalam hal ini lebih di sarankan untuk menggunakan closet duduk. Selain lebih sedikit memakan ruang, menggunakan closet duduk akan menambah kesan rapi pada kamar mandi mungil di rumah anda.

 

  • Interior Tambahan

Anda dapat menambahkan interior yang tidak terlalu memakan tempat untuk mempercantik kamar mandi anda, tentu saja dengan melihat fungsinya. Anda dapat menambahkan cermin dan juga gantungan baju.

 

Demikian adalah informasi mengenai beberapa tips desain kamar mandi mungil. Semoga bermanfaat untuk anda dan dapat menjadi sebuah referensi dalam pemilihan desain kamar mandi mungil dalam rumah anda.