Hutan Di Gunung Merapi Terbakar, Para Pendaki Terjebak dan Dievakuasi

35

Akibat kemarau panjang dan jarang turun hujan mungkin mengakibatkan kebakaran ini terjadi di sejumlah tempat. Salah satu terjadi kebakaran baru baru ini yaitu di gunung merapi di daerah hutan hutanya yang rimbun.

Hutan Gunung Merapi di atas Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Minggu (1/11) siang terbakar. Puluhan pendaki berhasil dievakuasi. Petugas Pos Pemantau Gunung Merapi Babadan, Magelang, Tri Mujiyanto menuturkan, api terdeteksi petugas pada siang hari.

Pihaknya langsung berkoordinasi dengan petugas untuk melakukan evakuasi pendaki yang saat kejadian masih berada di kawasan Gunung Merapi.

“Beruntung kebakaran tidak terjadi di jalur pendakian, sehingga tidak ada korban. Minggu sore sudah tak ada pendaki di puncak, mereka sudah turun semua,” ujarnya.

Menurut Tri, upaya pemadaman masih terus dilakukan oleh Tim SAR dengan cara manual. Personel BTNGM serta relawan berhasil meminimalkan kobaran api.

Terpisah, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) Resort Selo, Suwignya mengatakan, kebakaran terjadi di Blok 10, di atas Dukuh Sepi, Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Boyolali.

“Pantauan kami hanya ada satu titik api saja namun cukup besar. Kami masih berada di lapangan untuk upaya pemadaman,” ucapnya.