Saat Mau Minum Obat Hindarilah 3 Makanan Ini Sebelum Minum Obat - Infotainment News Online Terkini

JagatTips

Saat Mau Minum Obat Hindarilah 3 Makanan Ini Sebelum Minum Obat

on

Saat anda sakit di zaman modern ini pasti lah kita di suruh ke dokter dan minum obat. Karena obat dapat meringkankan rasa sakit dan dapat menyembuhkan penyakit. Pernahkah anda mendengar rumor jika kita ingin minum obat jangan makan atau minum susu atau bahan2 yang lainya ? ternyata itu benar loh.

Yang sudah umum diketahui adalah, larangan minum susu sebelum minum obat. Penyebabnya, susu akan membuat zat dalam obat tidak bekerja efektif dan tidak terserap oleh tubuh dengan maksimal.

Ada juga jenis makanan yang bisa membuat khasiat obat jadi hilang, dan bahkan membahayakan tubuh. Dilansir oleh laman Today, obat penghilang rasa sakit dan obat antasida baiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan makanan berikut ini:

Grapefruit

Ini adalah buah sejenis jeruk bali yang dapat menghambat pemecahan obat di saluran pencernaan. Bahkan mengonsumsinya sebelum obat tertentu dapat memicu kerusakan usus. Contohnya adalah, antidepresan, obat antikolesterol, migrain, pengencer darah, obat hipertensi dan diabetes.

Sayur berdaun hijau gelap

Adanya vitamin K di dalam sayur berdaun hijau gelap ternyata tidak menguntungkan bagi peminum obat pengencer darah yang sering dikonsumsi pasien jantung. Mengapa? Sebab vitamin K malah berfungsi mengentalkan darah.

Produk susu dan kalsium

Keju, yogurt serta susu diketahui membuat antibiotik tidak dengan mudah terserap tubuh. Menghindarinya untuk sementara sebelum minum obat akan lebih baik bagi kesembuhan Anda.

Jadi walaupun makanan dan minuman diatas itu sehat tapi dapat menurunkan kualitas obat, setidaknya kita harus menjaga makan dan minum kita dulu sebelum minum obat dari dokter.