Sejarah George Boole Yang Perlu Anda Tahu

49

Sapujagat.com – Pada senin 2 November 2015, Google Doodle rayakan Ulang Tahun ke- 200 George Boole. Siapakah George Boole itu?

Banyak yang tak tahu siapa itu George Boole, ia adalah seorang matematikawan. George Boole merupakan jiwa brilian yang telah menulis sejumlah buku matematika. Tahun 1854 mengeluarkan buku yang melambangkan namanya: An Investigation of the Laws of Thought. Umur 39 tahun, dapat dikatakan terlalu tua untuk berkarya. Pemikiran Boole dituangkan lewat postulat dan istilah-istilah sederhana.

Postulat dilambangkan dalam istilah K, +, X, dimana K adalah himpunan yang tidak ditentukan (sepenuhnya sembarang, tanpa makna implisit atau maksud yang terdapat pada postulat tersebut) elemen-elemen a, b, c, …, dan a + b serta a x b (dapat disingkat ab) adalah hasil dari dua operasi biner yang tidak ditentukan, +, X (“biner” karena setiap operasi +, X berlaku sebesai dua elemen dari K).

Ada 10 postulat yang dapat dikategorikan ke dalam delapan kategori:

I a. Apabila ada a dan b berada dalam himpunan K, maka a + b masuk himpunan K
I b. Apabila ada a dan b berada dalam himpunan K, maka ab masuk himpunan K
II a. Terdapat elemen Z sehingga a + Z = a berlaku untuk setiap elemen a.
II b. Terdapat elemen U sehingga aU = a berlaku untuk setiap elemen a.
III a. a + b = b +a
III b. ab = ba
IV a. a + bc = (a + b)(a+ c)
IV b. a(b + c) = ab + ac
V. Untuk setiap elemen a terdapat elemen a’ sehingga a + a’ = U dan aa’ = Z
VI. Terdapat minimal dua elemen berbeda dalam kelompok K

george-booles-200th-birthday-5636122663190528.2-hp2x

Rintisan Boole ini akan dimodifikasi, diperbaiki, digeneralisir dan dikembangkan ke bidang-bidang lain. Sekarang simbolik atau logika matematikal digunakan sebagai upaya untuk memahami karakteristik matematika. Boole lahir 2 November 1815 di Lincolnshire, Britania Raya (inggris) dan meninggal pada 8 Desember 1864, Ballintemple, Cork, Republik Irlandia.