Tahun 2016, Upah Minimum Provinsi DKI Diketok Rp 3,1 Juta - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Tahun 2016, Upah Minimum Provinsi DKI Diketok Rp 3,1 Juta

on

Sapujagat.com – Elemen pengusaha dan buruh sama-sama menerima hasil rapat Dewan Pengupahan DKI Jakarta tentang besaran upah minimum provinsi (UMP) tahun 2016 sebesar Rp 3,1 juta. Hasil pembahasan telah diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Jumat (30/10) pagi.

“Pemerintah mempunyai usulan Rp 3.100.000. Sehingga dengan demikian unsur pekerja dan pengusaha dapat menerima usulan pemerintah,” ujar Kadisnakertrans Priyono di Balaikota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (29/10/2015).

Sebelumnya pengusaha mengusulkan besaran UMP Rp 3.010.500. Angka tersebut sesuai dengan ketentuan PP yang menentukan perhitungan UMP berdasarkan inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Sementara usulan serikat pekerja awalnya Rp 3,4 juta. Namun kemudian mereka melunak dan mengusulkan angka yang lebih mendekati usulan pengusaha, yakni Rp 3.133.470. Pemprov DKI Jakarta akhirnya memgambil jalan tengah dan memilih angka Rp 3.100.000.

“Ini akan segera kita sampaikan sebagai rekomendasi kepada Gubernur paling lambat besok (30/10) pagi,” ujar Priyono.

Sekretaris Forum Buruh Jakarta Mohamad Toha mengatakan, tidak ada hal yang bisa dilakukan selain menerima hasil kesepakatan tersebut. “Kami masih berharap gubernur bisa menetapkan UMP sesuai usulan kami. Tetapi, dengan berat, kami menerima hasil kesepakatan tersebut,” ujarnya.

Gubernur mengisyaratkan akan menerima angka kesepakatan yang diusulkan Dewan Pengupahan. Diharapkan pada 1 November UMP DKI Jakarta sudah ditetapkan.

Recommended for you