Mahasiswa Berprestasi Akan Direkrut Jadi PNS, Begini Cara Daftar Online PNS

106

Sapujagat.com – Kendati perekrutan CPNS masih tahap moratorium atau penghentian sementara, namun tak menutup kemungkinan bagi pemerintah untuk tetap merekrut pegawai baru. Bahkan, Menteri Pemberdayaan paratur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi menegaskan jika perekrutan jalur khusus bisa tetap dilaksanakan.

“Kalau moratorium tetap berjalan, kecuali tenaga sektor pendidikan, kesehatan, dan penegak hukum. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk SDM unggul seperti mahasiswa berprestasi bisa langsung diambil (Direkrut jadi PNS tanpa tes),” jelas Yuddy saat ditemui di Grahadi, Rabu (28/10).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, akan menjaring lulusan mahasiswa terbaik untuk direkrut menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menurut Yuddy yang dikutip dari indopos, setiap tahunnya kurang lebih 120 ribu PNS akan memasuki masa pensiun. Karena itu, mahasiswa dengan predikat lulusan terbaik akan direkrut pada 2016.

“Daripada susah menyeleksi orang, segala macam, kami beri jalur khusus untuk lulusan terbaik, dari perguruan tinggi ternama nilai IPK 3,5 ke atas,” ujar Yuddy, Senin 2 November 2015.

Yuddy mengatakan mahasiswa yang lulus dengan indeks prestasi tinggi adalah sumber daya manusia (SDM) unggul yang haram hukumnya disia-siakan karena bisa membantu meningkatkan kinerja aparatur sipil negara.

“Semisal, saya baca di media massa ada lulusan terbaik dari universitas ternama maka saat itu juga saya perintahkan Deputi SDM mencarinya, sekaligus menawari masuk instansi mana yang diinginkan untuk bergabung,” kata Yuddy.

Dia mempersilakan rektor perguruan tinggi berkomunikasi dengannya jika ada mahasiswa berprestasi dengan bukti nilai terbaik.

“Tidak ada tes bagi mereka, tapi hanya persyaratan administratif. Selalu ada tempat bagi pemuda berprestasi berkarir di pemerintahan,” jamin Yuddy.

“Jadi, kami buat kriteria berdasarkan standar objektif, tidak sembarangan kampus,” katanya.

Tak cuma itu, nantinya juga akan diberlakukan sejumlah tes, hanya tidak rumit. Cukup seperti tes administratif, tes wawancara saja.

“Orang pintar-pintar kalau lulusan ITB (Institut Teknologi Bandung), apalagi mendapatkan peringkat cumlaude. Kami mau ngetes apanya. Jangan-jangan kami diketawain sama mereka,” katanya.

Ia juga tidak terlalu memberikan ketentuan yang lebih berat kepada para lulusan terbaik tersebut. Tapi, Yuddy tak merinci syarat ketentuan proses seleksi menjadi PNS.

“Ya, umum saja, usianya di bawah 35 tahun, S1, cukup dengan peraturan menteri PAN-RB,” katanya.

Kemudian, Yuddy juga tak merinci secara detail berapa kuota yang disediakan untuk menjadi PNS bagi lulusan mahasiswa terbaik itu pada tahun depan. “Tergantung kuotanya, adanya berapa,” katanya.

Cara Mendaftar Online CPNS 2016

Dari laman casmedia memaparkan, sejak tahun 2012 pendaftaran CPNS baik untuk CPNS pusat atau CPNS Daerah harus dilakukan secara online pada situs pendaftaran online CPNS yang dibuat khusus. Pemahaman tentang cara mendaftar online CPNS ini menjadi sangat penting karena menjadi titik awal untuk bisa mengikuti ujian CPNS termasuk nanti pada pendaftaran CPNS 2016.
Bagi teman-teman yang belum pernah mendaftar CPNS secara online dan ingin mengikuti ujian CPNS 2016 mungkin akan bingung dan ingin mengetahui gambaran tentang bagaimana cara pendaftaran online CPNS 2016 nanti.
Bagi Anda yang bingung cara mendaftarnya jangan khawatir. Dilansir dari Bagian Komunikasi Publik Kementerian PAN, berikut alur pendaftaran CPNS secara online pada penerimaan CPNS 2016 yang kemungkinan tidak berbeda jauh pada pendaftaran sebelumnya:
  1. Pendaftar membuka situs resmi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di alamat http://panselnas.menpan.go.id. Lakukan pendaftaran dengan mengisi kolom NIK, Nama, Email, dan Pilihan Instansi yang Dilamar. Ini baru bisa dilakukan setelah pendaftaran CPNS 2015 dibuka.
  2. Setelah selesai melakukan pendaftaran, pelamar akan mendapatkan Username, Password dan Link (tautan) Pendaftaran Online Instansi yang Dilamar.
  3. Buka Link (tautan) Pendaftaran yang sudah diterima. Pelamar akan melihat tampilan pendaftaran CPNS di instansi yang dituju.
  4. Lakukan Login dengan memasukkan username dan password yang sudah diterima sebelumnya. Lengkapi pendaftaran, dan lengkapi dokumen. Kelengkapan dokumen seperti ijazah dan lainnya disampaikan dalam bentuk data dengan format pdf dan di-upload pada kolom dokumen yang sesuai.
  5. Setelah selesai melakukan pengisian dokumen, pelamar akan memperoleh kartu registrasi. Cetak kartu registrasi sebagai bukti telah mendaftar.
  6. Tunggu hasil verifikasi berkas pendaftaran oleh tim verifikator. Hasil verifikasi akan diumumkan dalam situs http://sscn.bkn.go.id atau situs resmi masing-masing lembaga.
  7. Lakukan Login untuk mengetahui hasil verifikasi. Bila lulus verifikasi administrasi, pelamar akan mendapat kartu peserta tes. Cetak Kartu Peserta Test sebagai bukti pelamar telah lulus saringan administrasi dan dapat mengikuti test seleksi CPNS.
  8. Bawa Kartu Peserta Test yang sudah di cetak saat mengikuti tes CAT di tempat yang ditunjuk oleh instansi yang dituju pelamar.

Berikut gambaran untuk alur pendaftaran CPNS 2014

Cara pendaftaran online CPNS

Bagi calon pelamar CPNS 2016 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2016 nanti. Penerimaan CPNS 2016 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dengan menggunakan sistem CAT.

Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap dan menguasai bagaimana sistem CAT CPNS dan materinya.
Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?
Untuk memudahkan belajar praktek tes CAT CPNS 2016 dengan metode simulasi seperti ujian CAT sebenarnya, Anda bisa mengikuti Program Latihan Soal CPNS 2016:
    • DIjamin anda mahir mengoperasikan CAT
    • Isi produk: Simulasi Ujian CAT seperti ujian CAT sebenarnya
    • Kumpulan Soal CPNS beserta Jawaban dan pembahasan
    • Penyusunan materi mengacu kisi-kisi resmi pemerintah
    • Dapat digunakan pada komputer, tablet dan smartphone (Android, iPhone, BlackBerry)
    • Bisa akses kapan dan dimana saja (Aplikasi Online)
    • Soal jawab dan pembahasan materi bisa di cetak/download (ebook PDF)
    • Pendaftaran sekali, berlaku seumur hidup dan gratis update selamanya