Tim Yamaha Sebut Temuan Tim Honda Menyimpang Dari Temuan Race Direction

Sapujagat.com – Atas insiden GP sepang yang menghasilkan hukuman 3 point untuk Rossi. Valentino Rossi mengajukan banding ke Court of Arbitration of Sport (CAS) alias  Badan Arbitrase Olahraga dunia yang sebelumnya upaya bandingnya ditolak federasi internasional balap motor (FIM).

Dalam pengajuan banding tersebut, Rossi berharap poin penalti untuk dirinya dikurangi. Rossi juga membuat sejumlah argumen bantahan dalam upaya banding tersebut. Namun, atas upaya hukum Rossi tersebut, FIM tidak mau berkomentar.

Namun,tim Honda menyodorkan data yang akan semakin menyudutkan kubu Yamaha. Vice President Honda Racing Corporation Shuhei Nakamoto mengatakan bahwa Marquez jatuh karena tendangan Rossi membuat tuas rem Honda RC213V rusak. Akibatnya, roda berhenti mendadak dan Marquez pun terjatuh.

“Data dari motor Marc menunjukkan bahwa motor terjatuh karena tuas rem ban depan tiba-tiba mengunci. Kami percaya bahwa itu disebabkan tendangan Rossi,” kata Nakamoto seperti dikutip Motorcyclenews.

Atas pernyataan Shuhei Nakamoto, Movistar Yamaha membantah dengan keras pernyataan Vice President Honda Racing Corporation Shuhei Nakamoto. Tim Italia-Jepang itu menegaskan bahwa pernyataan Nakamoto bukanlah temuan resmi race direction.

Tim Yamaha menegaskan bahwa pernyataan Nakamoto tidak berdasar. Sebab, data tersebut justru bertentangan dengan temuan race direction.

Race direction tidak pernah menyebutkan bahwa Rossi dengan sengaja menendang tuas rem Marquez.

“Karena itu, kami menolak kata-kata yang dipublikasikan karena tidak sesuai dengan temuan race direction,” demikian pernyataan resmi yang dimuat di Motorsport, Selasa (3/11).

Namun, Yamaha tidak ingin memperpanjang perdebatan tersebut. “Kami hanya ingin mengakhiri MotoGP musim 2015 dengan cara paling baik. Kami pergi ke Valencia dengan niatan yang clear, menggunakan cara terbaik untuk menang,” kata mereka.

“Kami ingin menjalani balapan terakhir dengan cara yang akan selalu dikenang semua orang,” pungkas tim yang sudah meraih enam kali juara dunia MotoGP tersebut.

Agen Poker