Wow Baju Tempur Rossi dan Marquez Berbahan Kulit Kangguru, Inilah Keunggulan Wearpack MotoGP

140

Sapujagat.comMOTOGP adalah salah satu balapan yang populer di muka bumi ini dengan jumlah fans yang tidak bisa dibiang sedikit. MotoGP disukai karena menampilkan banyak teknologi tinggi di masing-masing kuda besi pembalap dan juga aksi-aksi memikat para pembalap MotoGP.

Sering kita lihat jika pembalap-pembalap menggunakan seragam penuh untuk melahap tiap balapan. Seperti yang kita tahu, MotoGP mempunyai resiko yang sangat tinggi hingga beresiko nyawa melayang. Tentu pembalap MotoGP mengetahui resiko itu dan menggunakan perlengkapan balap dari helm, wearpack hingga sepatu untuk melindungi mereka dari resiko cedera.

Dikutip laman liputan6, Wearpack untuk rider papan atas seperti Valentino Rossi, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo harus berbahan dasar kulit kangguru. Salah satu produsen wearpack, Alpinestars menjelaskan, kulit kangguru lebih kuat dan fleksibel dibanding kulit sapi. Wearpack bukan sekadar pelindung pembalap dari gesekan dengan aspal tetapi juga benturan pada leher, punggung, sikut dan lutut.

Dari Thread dhika.dhika Wearpack tak hanya melindungi para rider dari luka pada saat crash, namun banyak fitur lain yang membuat rider tetap merasa aman dan nyaman pada saat memacu motor mereka yang bisa bertenaga sampai dengan 340 km/jam.

Seiring berkembangnya zaman, merk-merk wearpack beken seperti Alpinestars dan Dainese melengkapi wearpack dengan airbag (balon pelindung) di sejumlah titik rawan pada tubuh. Sensor khusus bakal mengirimkan sinyal pada balon agar mengembang bila rider mendapat benturan dari kecepatan tertentu.

“Wearpack memiliki tugas utama memberikan kinerja terbaik untuk pembalap. Namun, benda ini juga harus memastikan, pembalap tetap terlindungi sekaligus mencegah pembalap dari cedera fatal,” begitu kata Alpinestars.

BAHAN DASAR :

* WEARPACK DIBUAT TIDAK HANYA SEKEDAR UNTUK PERLINDUNGAN PARA PEMBALAP, NAMUN HARUS MEMENUHI HAL-HAL SBB :

– AERODINAMIS
– MEMBERIKAN SIRKULASI UDARA YG CUKUP UNTUK KENYAMANAN PEMBALAP
– NYAMAN
– FLEKSIBEL
– ANTI AIR
– KETAHANAN YG KUAT
– DAN AMAN

* MOTOGP MEMBERIKAN STANDARISASI YAITU KULIT KANGGURU YANG DIGUNAKAN UNTUK BAHAN DASAR WEARPACK.
* KULIT KANGGURU DIPILIH KARENA DAYA TAHANNYA BAGUS, LEBIH LENTUR/FLEKSIBEL LEBIH RINGAN DIBANDING BAHAN DASAR KULIT SAPI.

“Kulit kangguru memiliki ketebalan  1,2-1,4 milimeter dari kulit sapi,” jelas Jeremy Appleton dari Alpinestars sebagaimana dilansir dari Red Bull.com.

PROTEKSI ATAU PERLINDUNGAN :

* DIBAGIAN DADA, TULANG BELAKANG DAN PUNUK DILENGKAPI DENGAN PROTEKTOR BERBAHAN KARBON KEVLAR.
* BAGIAN PUNDAK, LENGAN, SIKU, LUTUT DAN TULANG KERING MENGGUNAKAN BAHAN KARBON KEVLAR, NAMUN ADA YG DILENGKAPI DENGAN TITANIUM (DAINESE).

SISTEM PENDINGIN

* WEARPACK MOTOGP DILENGKAPI DENGAN COOLING SYSTEM (SISTEM PENDINGINAN) LAYAKNYA AC DALAM WEARPACK YANG MEMBERIKAN KENYAMANAN JIKA SEDANG
PADA BALAPAN YANG PANAS/SUHU TINGGI.
* DILENGKAPI DENGAN ULTRA LIGHT BATTERY DAN POMPA KECIL YANG BERFUNGSI MEMBERIKAN SIRKULASI UDARA DI DALAM WEARPACK SELAMA MEMBALAP.
* PUNUK WEARPACK JUGA DAPAT DI ISI DENGAN MINUMAN RE-DEHIDRASI YANG DISAMBUNGKAN DENGAN SEDOTAN/SELANG KECIL DENGAN HELM.

AIR-BAG SISTEM

* AIRBAG SYSTEM MULAI DIPAKAI PEMBALAP MOTOGP SEJAK TAHUN 2007 DAN TERUS DIKEMBANGKAN SAMPAI SEKARANG SEMUA RIDER WEARPACK NYA DILENGKAPI ARIBAG SISTEM.
* AIRBAG SYSTEM BERFUNGSI UNTUK MEMINIMALISIR RIDER MOTOGP DARI CIDERA SETELAH MENGALAMI CRASH.
* AIRBAG SYSTEM MASING MASING WEARPACK MOTOGP, SUDAH DILENGKAPI DENGAN SENSOR DENGAN TIPIKAL RIDER MASING-MASING.
* SEBELUMNYA SENSOR PADA WEARPACK SUDAH MEREKAM GERAK TUBUH PARA RIDER, DAN DISESUAIKAN DENGAN TIPIKAL RIDER MASING-MASING.
* AIRBAG AKAN MENGEMBANG 0.3 DETIK SETELAH RIDER DAN SENSOR MENDETEKSI RIDER LEPAS DARI MOTOR.
* MELINDUNGI BAGIAN TUBUH RIDER SEPERTI TULANG SELANGKA, TULANG PUNGGUNG, DADA, DAN BAHU.

SEPATU

* SEPATU DIRANCANG UNTUK MELINDUNGI PEMBALAP MENGALAMI KECELAKAAN DALAM KECEPATAN TINGGI.
* DILAPISI DENGAN TITANIUM PADA PINGGIR LUAR SEPATU UNTUK PERLINDUNGAN EKSTRA.
* BERBAHAN DASAR CAMPURAN KULIT,TERMOPLASTIK DAN KARET (BAHAN DASAR HELM KYT,NHK,INK DSB).
* DIRANCANG AGAR LENTUR, NYAMAN, KUAT, TAHAN DARI CUACA APAPUN.

SARUNG TANGAN

* BERBAHAN DASAR KULIT SAPI.
* DILENGKAPI DENGAN PROTEKTOR DIBAGIAN PUNGGUNG TANGAN, TELAPAK TANGAN DAN PERGELANGAN TANGAN.
* PROTEKTOR BIASANYA BERBAHAN DASAR KARBON NAMUN UTK DAINESE DILENGKAPI DENGAN MATERIAL TITANIUM DI PUNGGUNG TANGAN.

HELM

* DIBUAT DARI BAHAN DASAR KARBON KEVLAR BEBERAPA HELM BERBAHAN DASAR FIBERPLASTIC RINGAN, AMAN, NYAMAN DAN SUDAH DI TES DAYA TAHAN NYA OLEH FIM.
* DILENGKAPI TALI DENGAN MODEL DOUBLE D RING UNTUK MEMBERIKAN KEAMANAN EKSTRA AGAR TIDAK TERLEPAS PADA SAAT RACE ATAUPUN CRASH.
* DIBUAT DENGAN RISET YANG BERTUJUAN MEMBERIKAN KENYAMANAN DAN KEAMANAN YG EKSTRA UTK RIDER MOTOGP.
2409851_20131024023223 2409851_20131024023303

Agen Poker
Loading...