Beginilah Cara Mudah Agar Lolos Wawancara Kerja

58

Dalam memasuki dunia bekerja tentu tanggung jawab kita begitu sangat dituntut oleh perusahaan yang akan mempekerjakan kita. Namun, sebelum memasuki perusahaan biasanya kita akan melakukan wawancara terlebih dahulu dengan pimpinan bagian perusahaan itu atau personalia dari perusahaan tersebut. Bagaimana agar kita mudah lolos wawancara kerja dengan mudah ? ikuti tips berikut.

Selain pengalaman dan pengetahuan, cara berkomunikasi dan pembawaan diri juga menjadi faktor yang bisa menentukkan keberlanjutan karier seseorang. Pendiri sebuah institusi pendidikan yang berfokus pada pengembangan keahlian berkomunikasi Erwin Parengkuan mengatakan, salah satu kemampuan komunikasi yang dibutuhkan adalah berbicara secara impresif.

Kemampuan bicara yang impresif adalah kemampuan berbicara yang meninggalkan kesan mendalam. Laki-laki yang telah lama menjalani kariernya sebagai presenter itu menyatakan ada beberapa modal yang harus dimiliki seseorang. Hal pertama yang dibutuhkan adalah meningkatkan kepercayaan diri.

Kemampuan bicara impresif, maksudnya adalah terwujud dari cara berbicara yang meyakinkan dan tidak bertele-tele. Orang yang berbicara dengan impresif juga membawa kesan mendalam terhadap orang yang mendengarnya.

Saat wawancara kerja, kemampuan ini sangat diperlukan. Setelah mengetahui kekuatan diri dan muncul kepercayaan diri, seseorang diharapkan bisa menggambarkan apa yang ia punya untuk menjual dirinya kepada perusahaan yang ia tuju. Kemampuan berbicara impresif untuk menjelaskan pengalaman dan kekuatan diri bisa digunakan untuk menghindari penjelasan yang berlebihan.

Hal terakhir yang bisa membantu adalah penampilan secara keseluruhan. Mimik muka juga bisa menentukan keberhasilan seseorang, terutama dalam berkomunikasi. Ketika kemampuan berbicara impresif sudah dimiliki, tapi penampilan tidak mendukung, kemampuan itu tidak akan banyak memberikan dampak untuk Anda.