Ikuti Cara Ini Bila Anda Ke Kantor Menggunakan Commuter Line

49

Sapujagat.com – Kereta merupakan salah satu transportasi yang paling digemari masyarakat. Murah dan cepat menjadikan kereta atau Commuter Line menjadi pilihan bagi para pekerja Jakarta yang tinggal di wilayah sekitar seperti Depok, Bogor, dan Tangerang, Commuter Line jelas menjadi solusi utama untuk menghindari kemacetan Ibu Kota.

Namun desak-desakan tidak bisa di hindari bila anda menggunakan jasa Commuter Line ini untuk pergi beraktifitas. Tapi tak usah khawatir, dilansir dari okezene Inilah Tips Nyaman Menggunakan KRL atau Commuter Line

1. Bawa satu tas saja

Jangan bawa tas lebih dari satu karena hanya akan merepotkan Anda dan juga orang-orang di sekitar Anda. Ingat Anda mau bekerja, bukan akan pulang kampung. Jika memang barang bawaan Anda ke kantor cukup banyak mungkin ada baiknya Anda membawa tas punggung yang mampu menampung semua bawaan Anda.

Cara ini juga akan memudahkan Anda saat harus berdiri di dalam kereta, mengingat tas punggung lebih mudah dipegang. Di dalam gerbong biasanya tersedia tempat menaruh tas, jika tempat tersebut kosong Anda bisa meletakkan tas Anda di sana, tapi jika Anda duduk sebaiknya taruh bawaan Anda di pangkuan dan berikan kesempatan bagi penumpang yang berdiri untuk menaruh barang bawaannya di sana.

2. Ingat jadwal dan datang lebih awal

Mengingat jadwal kedatangan kereta adalah hal yang wajib Anda lakukan. Selain untuk menghindari “drama” ketinggalan kereta, ini juga membantu Anda untuk menyiapkan waktu dengan baik. Datanglah lebih awal, sekira 30 menit sebelum kereta Anda tiba di stasiun. Jika Anda tertinggal kereta, jangan panik. Anda tinggal memilih antar menunggu dan naik kereta selanjutnya atau berangkat dengan moda transportasi lain.

3. Jangan berdiri di dekat pintu

Saat Anda tidak mendapatkan tempat duduk dan harus berdiri, jangan berdiri di dekat pintu. Selain Anda menganggu keluar masuk penumpang lain, Anda juga akan terganggu dengan mereka. Anda bisa terdorong-dorong saat ada penumpang keluar dan masuk berdesak-desakan. Terutama di jam-jam penuh penumpang.

4. Beli tiket langganan

Kini seluruh stasiun kereta api di Jabodetabek sudah terkoneksi dengan menggunakan sistem e-ticketing, sehingga mewajibkan setiap pengguna membeli tiket fisik berupa kartu elektronik. Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) memang menyediakan fasilitas pembelian tiket satu kali perjalanan, namun jika Anda pengguna tetap moda transportasi yang satu ini sebaiknya Anda memiliki fasilitas kartu berlangganan yang dikeluarkan oleh beberapa bank besar di Indonesia. Kartu ini bisa diisi ulang di semua loket tiket yang ada di setiap stasiun.

5. Pakai baju yang “aman”

Berdesak-desakan dengan banyak orang di dalam kereta tentunya tidak dapat Anda hindari, terlebih di waktu berangkat dan pulang kerja. Maka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya bagi para penumpang wanita, kenakanlah pakaian yang nyaman, sopan, serta tidak menggunakan perhiasan berlebihan untuk menghindari terjadinya tindakan kriminal. Jangan lupa juga untuk mengenakan pakaian yang tidak mudah sobek dan berbahan nyaman.

6. Kenakan alas kaki yang nyaman

Kenyamanan alas kaki juga menjadi penting saat Anda naik KRL, terlebih saat ternyata Anda harus berdiri. Kenakanlah sepatu yang memang nyaman dan tidak membuat kaki Anda sakit walaupun harus berdiri cukup lama.

Untuk para wanita, tinggalkan high heels Anda di rumah. Pakailah sepatu flats atau sneakers yang nyaman. Kalau memang kantor Anda mewajibkan karyawannya untuk memakai sepatu high heels, sebaiknya Anda simpan dulu di dalam tas, dan kenakan setelah sampai di kantor.

7. Jangan makan di dalam gerbong

Peraturan yang satu ini terlihat mudah, tetapi sering sekali dilanggar oleh para penumpang kereta api. Jika memang Anda merasa lapar sebaiknya Anda makan di stasiun, biasanya terdapat mini market di setiap stasiun kereta api. Anda bisa membeli makanan kecil di sana dan memakannya di stasiun. Makan di dalam kereta akan membuat kereta menjadi kotor dan juga menganggu kenyamanan penumpang lainnya.

8. Dengarkan petunjuk dari masinis

Tips ini berlaku bagi Anda yang merupakan pengguna baru moda transpotasi ini. Di setiap stasiun sang masinis atau operator akan mengumumkan nama stasiun di mana kereta akan berhenti. Dengarkanlah dengan saksama sehingga Anda tidak salah turun atau melewatkan stasiun tujuan Anda.