Beigini Sejarah Adolphe Sax Yang di Rayakan Google Doodle

64

Sapujagat.comSAXOPHONE dikembangkan di tahun 1840-an oleh Adolphe saksofon, seorang berkebangsaan Belgia. Antoine-Joseph Sax lahir pada 6 November 1814 di Dinant, Belgia dari pasangan tuan & nyonya Charles-Joseph Sax .Waktu kecil ia dipanggil Adolphe. Ayah dan ibunya, merupakan desainer instrumen. Adolphe mulai membuat instrumen sendiri pada usia dini,  pada usia 15 ia pernah mengikuti kompetisi klarinet. Dia kemudian belajar pada kinerja kedua instrumen serta suara di Koninklijk Conservatorium of Brussels.

Ketika masih bekerja di toko alat ayahnya di Brussels, saksofon mulai mengembangkan sebuah alat yang memiliki proyeksi instrumen kuningan yang lebih lincah dari sebuah alat  musik tiup kayu. Prioritas lain adalah untuk menciptakan sebuah alat yang akan merentangkan oktaf, sebagai perkembangan dari Klarinet.
Sebelum karyanya pada saksofon, saksofon membuat beberapa perbaikan pada bass klarinet dengan meningkatkan keywork akustik dan memperluas jangkauan nada yang lebih rendah. Saksofon juga merupakan pembuat ophicleide , sebuah instrumen kuningan berbentuk kerucut besar dalam daftar bass dengan tombol mirip dengan alat musik tiup kayu. Pengalamannya dengan kedua instrumen tersebut memungkinkan dia untuk mengembangkan keterampilan dan teknologi yang dibutuhkan untuk membuat saxophone pertama.

Sax mempatenkan ciptaannya itu pada tahun 1846. hak paten Sax mencakupi 2 keluarga Saxophone yaitu keluarga orkestra (in C dan in F) dan keluarga band (in Bb dan in Eb).

Paten Sax berakhir pada tahun 1866;  setelah itu, banyak pemain saksofon dan produsen alat melakukann perbaikan untuk desain dan keywork. Modifikasi substansial pertama oleh produsen Perancis yang diperpanjang bel sedikit dan menambahkan kunci tambahan untuk memperluas jangkauan ke bawah oleh satu semitone ke B ♭.

Sax juga mengembangkan keluarga saxotromba, instrumen kuningan valved dengan bore sempit dari saxhorns, pada tahun 1845.

Instrumen Saxhorn menyebar dengan cepat di seluruh dunia. Katup saxhorn diterima sebagai bagian dari seni dan sebagian besar tidak berubah sampai hari ini.

Sax terus membuat instrumen di kemudian hari dan memimpin kelas saksofon baru di Paris Conservatoire. Pembuat instrumen Rival menyerang legitimasi paten dan melancarkan kampanye yang panjang litigasi terhadap Sax dan perusahaannya. Dia menderita kebangkrutan pada tahun 1856 dan pada tahun 1873.

Sax menderita kanker bibir antara 1853 dan 1858 tetapi membuat pemulihan penuh. Dia meninggal pada tahun 1894 di Paris dan dikebumikan di bagian 5 (Avenue de Montebello) di Cimetière de Montmartre di Paris