Inilah Alasan Mengapa Jepang Legalkan Pasangan Sejenis

45

Sapujagat.com – Jepang selangkah lebih maju dalam melegalkan pasangan Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT). Bukan tanpa sebab, surat resmi berupa sertifikat yang di keluarkan dua distrik di Kota Tokyo, Jepang.

Seperti diberitakan Reuters, Kamis (5/11/2015), hubungan sesame jenis merupakan hubungan yang masih tabu dalam kehidupan di Jepang, karena itu beberapa pengamat menilai bahwa Jepang telah melakukan kemajuan penting dibandingkan dengan negara lainnya.

Pernikahan sejenis atau hubungan sesama jenis masih dianggap hal yang tabu bagi Pemerintah Jepang maupun mayoritas elemen masyarakat di sana. Namun, beberapa wilayah di Jepang kini mulai terpengaruh budaya dari Barat tersebut.

Pada hari ini, Hiroko Masuhara dan Koyuki Higashi telah sampai di Balai Kota di Distrik Shibuya untuk mengumpulkan proposal permohonan sertifikat yang akan memungkinkan mereka untuk tinggal di apartemen yang sama sebagai pasangan.

“Saya senang sekali bahwa di distrik yang saya tinggali telah mengakui pasangan saya sebagai sebuah keluarga sekaligus teman hidup bagi saya,” ucap Masuhara sambil tersenyum malu kepada wartawan setempat.

“Saya berharap bahwa hal ini akan menjadi langkah baik tidak hanya untuk Kota Tokyo, namun untuk seluruh wilayah di Jepang agar menjadi tempat yang lebih nyaman untuk ditinggali. Sebab, ada banyak komunitas LGBT di dunia,” sambungnya.

Hal yang dilakukan oleh dua distrik di Kota Tokyo, yakni Shibuya dan Setagaya, itu terlihat tidak signifikan jika dibandingkan dengan apa yang sudah dilakukan Pemerintah Amerika Serikat (AS). Seluruh wilayah di AS kini sudah melegalkan hubungan maupun pernikahan sejenis.

Kendati dua distrik di Tokyo telah melakukan hal tersebut, Pemerintah Jepang yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe tetap menyatakan harus hati-hati dalam mempertimbangkan pelegalan hubungan maupun pernikahan sejenis.

Sumber: okezone.com

 

Agen Poker
Loading...