Ada-Ada Saja, Kawasaki Ninja 250 Dibuat Tiruannya Di China Bernama Kewesaki Ninja 150

71

Seakan tidak habis akal ada ada saja yang dilakukan oleh para pelaku kreatif di China yaitu membuat tiruan Kawasaki Ninja 250. Negara China memang dikenal dengan negara penjiplak dan produsen barang elektronik terbesar, banyak nama produk besar yang mendirikan pabriknya di China.

China tetap menjadi rajanya negara plagiat, termasuk meniru produk Kawasaki Ninja 250. Saking ingin mendapatkan produk yang sangat mirip dengan aslinya, sebuah produsen di sana membuat motor sport dengan bodi menyerupai dan punya nama unik, Kewesaki Ninja 150. Bodi serupa dengan nama yang memakai unsur typo ini makin memantapkan negara tersebut dalam menerapkan kaidah “amati, tiru, dan jual murah”.

kawesaki 150 china

Barangkali Anda akan kesulitan saat Ninja 250 asli dengan versi KW ini disandingkan. Pasalnya pelaku industri otomotif China yang memroduksinya, membuat desainnya sangat mirip sampai ke detilnya. Anda mungkin tidak bisa menemukan perbedaan mulai dari lampu utama sampai ke bagian belakang.  Namun tetap saja ada bagian yang menunjukkan ciri khasnya masing-masing yakni warna, striping, dan tentu saja jenis mesin yang dipakai.

Untuk Kewesaki Ninja 150 dibekali dengan mesin 150 cc. Tenaga yang dapat disemburkannya mencapai 24,7 HP. Jika melihat dari kapasitas mesinnya, tenaga seperti ini terbilang besar. Motor “aspal” ini punya kecepatan maksimal mencapai 138 kilometer perjam.

Tapi bicara tentang produk tiruan dari China, sering dihubungkan dari sisi kualitas. Kewesaki Ninja 150 memiliki material produksi yang kurang dapat diandalkan. Jika dibandingkan dengan produk aslinya dari Jepang, jelas kalah jauh. Namun belum ada kabar tentang harga yang bakal disematkan untuk produk ini. Isu yang berkembang mengatakan bahwa banderolnya lebih murah dibanding Kawasaki Ninja 250.