Juara Dunia MotoGP: Inidia Perjalanan Lorenzo Hingga Juara Dunia MotoGP 2015

69

Sapujagat.com – Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, menutup MotoGP 2015 dengan mencatat kemenangan pada seri terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2015).

Kemenangan ini mengantar Lorenzo meraih gelar juara dunia kelima sepanjang karier, atau yang ketiga di MotoGP setelah 2010 dan 2012. Duo Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, berebut mahkota raja . Namun mahkota itu milik Lorenzo.

Rossi yang menjalankan ‘misi mustahil’ untuk meraih mahkota juara dunia MotoGP 2015 akhirnya hanya mampu finis di posisi 4 setelah membalap dari posisi belakang.

Meski gemilang start dari posisi paling buncit dan mampu menyodok cepat ke barisan depan, poinnya tak cukup untuk menetapkan Rossi sebagai juara dunia kesepuluh.

Start dari pole position, Lorenzo langsung memimpin balapan. Dia mendapat tekanan dari dua pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, tetapi berhasil mempertahankan posisinya hingga finis.

Lorenzo menutup musim dengan koleksi 330 poin. Dengan hanya finis di urutan keempat, Rossi yang semula unggul tujuh angka kini tertinggal lima poin dari Lorenzo. Lorenzo resmi menjadi juara dunia. (Baca Juga: “Inidia Kumpulan Gambar DP BBM Dukung Jorge Lorenzo Juara Dunia“)

 

Inidia Perjalanan Lorenzo Hingga Juara Dunia MotoGP 2015 Dikutip dari kompas.com

Finis pertama: 7 (Spanyol, Prancis, Italia, Catalunya, Ceko, Aragon, Valencia)

Finis kedua: 3 (Indianapolis, Australia, Malaysia)

Finis ketiga: 2 (Belanda, Jepang)

Finis di luar tiga besar: 5 (Qatar, Americas, Argentina, Jerman, Inggris)

Gagal finis: 1 (San Marino)

Pole position: 5 (Spanyol, Ceko, San Marino, Jepang, Valencia)

Total poin: 330