Kasian.. Bung Tomo Sering Dihina Pejuang Surabaya..Kok Bisa? Inidia Alasanya

55

Sutomo alias Bung Tomo kerap dicela karena hanya lulusan Holland Inlander School atau sekolah rendah untuk kaum pribumi di Surabaya. Ini berarti dia hanya lulusan setingkat sekolah dasar.

Tak ada yang meragukan kemampuan Sutomo alias Bung Tomo dalam berpidato. Orasi Bung Tomo terbukti mampu membakar semangat para pemuda dalam pertempuran di Surabaya. Sejarawan Rushdy Hoesein mengatakan para pemuda kerap berkumpul di bawah pengeras suara mendengar pidato Bung Tomo yang disiarkan melalui radio.

Nyatanya, kemampuan Bung Tomo tidak sepenuhnya diakui. Menurut putra Bung Tomo, Bambang Sulistomo, ayahnya kerap dicela karena hanya lulusan Holland Inlander School atau sekolah rendah untuk kaum pribumi di Surabaya. Baca Juga :Inidia Gambar Meme DP BBM Hari Pahlawan Yang Bikin Ngakak
“Bapak pernah dihina oleh orang-orang intelektual, ‘Bung Tomo ngerti apa, enggak sekolah’,” kata Bambang saat bertandang ke kantor Tempo pertengahan Oktober 2015. Menurut Bambang, pencela Bung Tomo tak lain mereka yang juga berjuang di Surabaya. Bambang enggan menyebutkan pejuang Surabaya yang mengejek ayahnya.

Istri Bung Tomo, Sulistina, juga membenarkan. Banyak yang bilang, Bung Tomo itu pintar tapi sekolahnya rendah,” ujarnya. Dalam buku Bung Tomo Suamiku: Biar Rakyat yang Menilai Kepahlawananmu dan beberapa buku lain disebutkan Sutomo pernah mengenyam Leidse Scrift Onderwiys Hoogere Burgerschool (HBS), pendidikan menengah setingkat SMP dan SMA selama lima tahun. Baca Juga : Hari Pahlawan, Inilah 50 Gambar DP BBM Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November