Benarkah Wanita Misterius di Tragedi Paris Tampak Sama Di 3 Peristiwa Teror AS ?

63

Sapujagat.com – Sebuah bom meledak di luar Stade de France, Paris tempat laga persahabatan antara Perancis dan Jerman, Jumat (13/11/2015) malam atau Sabtu dini hari WIB.

Selain bom, Paris juga diteror aksi penembakan di 6 titik yakni salah satunya di gedung konser Bataclan. Dalam peristiwa tragedi paris ternyata menyimpan banyak misteri.

Misteri yang dimaksud, salah satunya adalah keberadaan seorang perempuan yang tertangkap kamera tengah menangis di lokasi kejadian.

Ada sosok wanita yang kerap muncul di beberapa peristiwa teror dunia. Mulai dari penembakan di Amerika Serikat sampai tragedi berdarah Paris. Perempuan yang belum teridentifikasi itu, disebut-sebut sebagai “crisis actor” oleh netizen. Sebab, wanita itu diyakini selalu ada di setiap lokasi serangan teroris. Apakah dia orang yang sama?

Foto ini beredar begitu cepat di dunia maya. Isinya tentang kompilasi sejumlah momen saat wanita tersebut bersedih usai selamat dari sejumlah aksi teror.

Ada yang mengaitkannya dengan peristiwa penembakan di Aurora, Colorado, pada tahun 2012. Saat itu, wanita tersebut menangis sambil memegangi rambutnya. Lalu, ada yang menghubungkannya peristiwa Bom Boston dan penembakan Sandy Hook. Terakhir, wanita itu juga disebut mirip dengan korban selamat tragedi Paris.

Seperti yang dikutip dari detik.com, Sekilas, keempat foto wanita yang dikombinasikan tersebut tampak mirip. Namun, apakah mungkin dia bisa menjadi korban di empat lokasi teror berbeda? Apakah benar wanita tersebut adalah orang yang sama?

Sebelum foto tersebut beredar setelah tragedi Paris, sebetulnya sudah ada banyak teori konspirasi bermunculan di forum internet, terutama di AS. Isinya mengulas orang yang mirip di berbagai kejadian teror. Salah satunya, foto wanita tadi.

Hal ini tentu saja menimbulkan pro kontra di forum internet. Ada yang menduga, kemungkinan mirip itu bisa terjadi. Namun ada yang sinis, mengatakan itu hanya kebetulan semata. Tak sedikit yang menuding wanita itu adalah bagian settingan pemerintah agar suasana dramatis tampak nyata.

Khusus foto wanita di empat kejadian tersebut, ada yang sudah mengulasnya secara detail. Salah seorang reporter di waffles at noon menyebut, wanita di tiga kejadian pertama.

Penembakan Aurora

1a8402c6-4a0a-4425-8622-151d622b72d8_169

Wanita yang berada di foto tersebut adalah Amanda Medek. Foto yang digunakan oleh para pembuat teori konspirasi diambil dari media. Caption foto tersebut adalah: “Amanda Medek, who is looking for her sister Micayla, sits outside Gateway High School, Friday July 20, 2012, in Aurora, Colo.”

Penembakan Sandy Hook

19fbd266-1729-4fb7-acc7-92e794bc78ea_169

Wanita yang difoto saat peristiwa Sandy Hook adalah Carlee Soto. Saat itu, dia meratapi adiknya Vicky Soto yang menjadi korban penembakan. Caption foto tersebut bertuliskan: Carlee Soto learns that her sister Vicky Soto is among those killed in the school shooting.

Bom Boston

b2ef9953-2cd5-453d-8308-57371c98f7e0

Caption resmi dari foto tersebut adalah: Emma MacDonald and two friends were photographed at a vigil for the Boston victims. Dengan demikian, disimpulkan dia adalah Emma Macdonald. Namun belum jelas di mana lokasinya kini.

 

Tragedi Paris

2ab5b59a-c86e-4e2a-a232-dcfc53522503_169

Sejauh ini, belum diketahui siapa wanita yang masuk dalam foto tragedi berdarah di Paris. Caption foto tersebut hanya bertuliskan: “Rescuers evacuate people following an attack in the 10th arrondissement of the French capital Paris.”

Namun demikian, sejauh ini bisa disimpulkan tiga foto pertama di foto kolase yang beredar di media sosial tersebut orang berbeda. Artinya, foto di gambar keempat di Paris tak bisa disimpulkan sama dengan tiga kejadian sebelumnya.

Sumber