Bule Mualaf Ini Menyumbang Ke UNICEF Sebanyak Cacian Dari Hatersnya

41

Agama dan ras, inilah topik untuk orang membully orang lain. Sudah banyak bullyan atau cemoohan di lontarkan berdasarkan ras atau agama yang kita anut. Hal ini juga terjadi pada bule dari Australia ini yang berpindah agama memeluk agama islam dan selalu mendapatkan cemoohan atau bully dari orang-orang di twitter. Dirinya akan menyumbangkan dana ke UNICEF sejumlah banyaknya cacian yang dia terima di media sosial.

Berpindah agama kadang menjadi keputusan yang tidak mudah. Tidak jarang seseorang harus mendapatkan bully atas keputusannya itu. Ini pula yng dirasakan Susan Carland ketika dirinya memutuskan untuk hijrah menjadi muslimah. Mualaf tersebut mendapatkan bully di akun media sosialnya karena berpindah memeluk agama Islam.

“Saya telah mencoba mem-blok, mute, menarik, dan mengabaikan, namun tidak satupun dari mereka yang sadar kalau saya mewujudkan perintah Al-Quran mengusir kegelapan dengan cahaya,” kata Carland.

Dia adalah sosiolog dari Australia yang telah menyandang gelar PhD daru Melbourne Monas University. Sebenarnya Carland sudah memeluk Islam sejak usia 19 tahun. Namun cacian dan makian yang diterimanya atas berpindahnya agama dialami hingga usianya kini menginjak 34 tahun. Namun  Carland tidak lantas bersedih atas tindakan para haters. Dia justru menyampaikan lewat akun Twitter-nya bahwa setiap makian yang diterimanya, bakal dibalas dengan menyumbangkan sejumlah uang lewat UNICEF.

susan carland

“Sehari setelah membaca aliran deras racun yang diarahkan kepada saya, saya bertanya-tanya apa respon yang paling Islami yang bisa saya berikan. Dan ide menyumbangkan $1 kepada UNICEF untuk setiap tweet penuh kebencian yang datang kepada saya,” ujar Susan seperti dikutip dari laman Merdeka.

Tidak disangka, respons positif yang ditunjukkan Carland mampu memengaruhi haters. Pasalnya, sikap tersebut disampaikan dengan menantang para haters untuk mengirim makian ke Twitternya sebanyak mungkin.  Efeknya, Carland bisa mendapatkan hampir 1.000 cacian yang artinya dia akan menyumbang $1.000 untuk UNICEF.

“Anak-anak yang membutuhkan itu berterimakasih kepada kalian, haters,” tulisnya di Twitter.

Ternyata, aksinya itu mendapat reaksi positif dari pengguna Twitter lain yang pikirannya positif. Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya berempati dan ikut ambil bagian untuk menyumbang ke UNICEF.

susan carland donate unicef

Dengan menolak kebencian orang lain menghancurkan saya, saya merasa lebih aman dan nyaman dengan identitas saya daripada sebelumnya,” kata Susan.