Dapat Bantuan Dana Dari DPRD, Rio Haryanto Masuk F1 2016 - Infotainment News Online Terkini

JagatOtomotif

Dapat Bantuan Dana Dari DPRD, Rio Haryanto Masuk F1 2016

on

Sapujagat.com – Pembalap GP 2, Rio Haryanto digadang-gadang bakal naik kelas ke F1 tahun depan. Rio yang kini berada di naungan tim Campos Racing itu membidik gabung salah satu tim F1, meski belum mengungkapkan gabung dengan tim mana.

Namun harapan Rio Haryanto menuju F1 tak akan tercapai karna butuh dana sebesar 15 juta Euro (sekitar Rp 222,5 miliar). Sponsor utama, Pertamina, dilansir detik bersedia menyetorkan 5 juta euro (sekitar Rp 74 miliar). Namun ini jelas belum cukup.

Mengetahui masalah dana yang melilit Rio Haryanto, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi menyatakan siap membantu. Menurutnya, dana bantuan dari Jakarta akan masuk sebagai dana hibah untuk Rio, dengan besaran Rp 90 miliar.

Dikutip dari detik, Prasetio menuturkan, “Kita (akan) bantu (Rio). Pemprov boleh ngajuin (dana). Masuknya hibah. Rio ini ibarat ayam kampung yang kalau dikasih (kesempatan) maju ke depan bisa maju, fighter ini.”

Ditambahkan Pras, “(Kita bisa bantu) Rp 90 miliar, setengahnya dari total dana (yang dibutuhkan). Nanti disepakati di rapat banggar (badan anggaran) pas hari Selasa rapat lagi untuk penyempurnaan anggaran.”

Dalam konsep Prasetio, nantinya keberadaan Rio Haryanto di F1 2016 bisa digunakan untuk mempromosikan pariwisata DKI Jakarta. Ia menilai, logo dan stiker ikonik ‘Enjoy Jakarta’ sudah cukup untuk menyedot perhatian dunia.

“Daripada gue (saya) kasih buat Dinas Pariwisata untuk publikasi mending tempel di mobil buat ‘Enjoy Jakarta’,” tutur sang ketua DPRD DKI Jakarta.

Rio Haryanto sendiri sudah cukup lama menanti kesempatan terjun ke F1. Dalam empat tahun terakhir, ia berkiprah di GP2. Musim 2015 ini Rio sempat berada di runner-up klasemen GP2, dan kini di posisi tiga besar.

Sebelumnya, Masa penggalangan dana buat menolong Rio Haryanto menuju Formula 1 2016 mulai berakhir Sabtu (31/10/2015). Hingga berita ini dibuat, dana yg terkumpul melalui situs www.kitabisa.com telah mencapai Rp 61.927.928.

Catur Sunaryo yg menjadi salah sesuatu penggagas ide penggalangan dana tersebut menyatakan bahwa jumlah ini masih jauh dari target yg ingin dicapai, merupakan Rp 250 miliar.

“Kami sangat berharap target ini mampu tercapai. Jika tidak, paling tak kita telah berupaya dengan cara ini. Semoga mampu berkontribusi,” tutur Catur ketika dihubungi JUARA.

Untuk memberi kesempatan untuk para donatur yg ingin menyumbang, aksi penggalangan dana ini bersiap diperpanjang. Bagi yg ingin menyumbang dana, mampu tiba segera ke situs www.kitabisa.com/IndonesiaF1.

“Kami selalu berdiskusi mau diperpanjang karena desakan fans. Ini juga sambil menunggu perkembangan manajemen Rio tentang tenggat waktu dari Manor. Rencananya perpanjangan itu sekitar sesuatu Minggu,” kata Catur.

Sumber

Recommended for you