Unjuk Rasa Lintas Agama, Perancis Bersatu Dukung Kaum Muslim - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Unjuk Rasa Lintas Agama, Perancis Bersatu Dukung Kaum Muslim

on

Sapujagat.com – Terjadi peristiwa yang mencekam di kota Paris yang menyebabkan 153 orang kehilangan nyawanya.  Pada Sabtu (14/11/2015) dini hari WIB. Dua pelaku pengebom bunuh diri dalam serangan di Paris Jumat malam lalu disinyalir memasuki Prancis dengan mengaku sebagai pengungsi Suriah.

Hal itu diketahui setelah polisi Prancis mengatakan sebuah paspor warga Suriah ditemukan di samping mayat seorang pengebom bunuh diri. Dalam paspor itu dia terdaftar sebagai pengungsi di Yunani kelahiran 1990.

Menurut berbagai laporan berita yang dilansir Huffington Post, jemaah Masjid Besar Paris yang ada di distrik 5 dan pusat-pusat muslim di sana kini tengah menguatkan diri. Pasalnya, kini beredar isu terkait munculnya aksi-aksi anti-Islam. Isu tersebut muncul setelah adanya simbol-simbol keagamaan yang mencerminkan sentimen anti-Islam dituliskan di dinding-dinding masjid di Paris bagian timur.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, warga Perancis juga melakukan aksi mendukung umat muslim di sana dan di seluruh dunia melalui media sosial. Mereka menyerukan pertemuan lintas agama untuk persatuan dan perdamaian.

Hal serupa juga dilakukan ribuan warga lainnya. Sebanyak 3.000 orang berikrar bakal menghadiri unjuk rasa lintas agama dengan umat muslim Perancis yang dijadwalkan pada akhir pekan mendatang di dekat Masjid Besar Paris.

Menanggapi adanya larangan demo di Perancis, warga pun mengorganisir pertemuan lain melalui Facebook dengan tagline “Aku muslim, ISIS bukan muslim”. Pertemuan itu kabarnya akan dihadiri sebanyak 13 ribu orang dan direncanakan berlangsung Minggu (22/11) mendatang di Arc de Triomphe, Paris.

Melalui Facebook itu pula, seorang penyelenggara demo di Masjid Besar bernama Samia Edd Cardi menuliskan komentarnya. Ia menyatakan jika terorisme tidak memiliki agama maupun kebangsaan.

Dukungan lain juga ditunjukkan di Katedral Tritunggal Maha Kudus di Paris. Seorang Uskup bernama Pierre Whalon disebut akan menjadi tuan rumah dalam Pertemuan Ahli Islam Dunia untuk Perdamaian dan Melawan Kekerasan yang akan dihadiri para ulama.

Recommended for you