Pemprov DKI Urungkan Niat Sponsori Rio Haryanto, Ini Penyebabnya

58

Sapujagat.com – Pembalap GP 2, Rio Haryanto digadang-gadang bakal naik kelas ke F1 tahun depan. Rio yang kini berada di naungan tim Campos Racing itu membidik gabung salah satu tim F1, meski belum mengungkapkan gabung dengan tim mana.

Namun harapan Rio Haryanto menuju F1 tak akan tercapai karna butuh dana sebesar 15 juta Euro (sekitar Rp 222,5 miliar). Sponsor utama, Pertamina, dilansir detik bersedia menyetorkan 5 juta euro (sekitar Rp 74 miliar). Namun ini jelas belum cukup.

Mengetahui masalah dana yang melilit Rio Haryanto, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi menyatakan siap membantu. Menurutnya, dana bantuan dari Jakarta akan masuk sebagai dana hibah untuk Rio, dengan besaran Rp 90 miliar.

Dikutip dari detik, Prasetio menuturkan, “Kita (akan) bantu (Rio). Pemprov boleh ngajuin (dana). Masuknya hibah. Rio ini ibarat ayam kampung yang kalau dikasih (kesempatan) maju ke depan bisa maju, fighter ini.”

Ditambahkan Pras, “(Kita bisa bantu) Rp 90 miliar, setengahnya dari total dana (yang dibutuhkan). Nanti disepakati di rapat banggar (badan anggaran) pas hari Selasa rapat lagi untuk penyempurnaan anggaran.”

Namun, Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok) mengatakan hal itu tidak bisa dilakukan.

Nggak boleh ternyata. Kita sudah cek aturan dari BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan) kalau nggak boleh untuk balapan yang bersifat komersial. Formula ini kan komersial, jadi nggak boleh pakai APBD,” ujar Ahok saat dikonfirmasi di Balai Kota, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2015).

Ahok menyebut bahwa tidak dapat memberi bantuan dana untuk memuluskan langkahnya berlaga di ajang Formula 1 lantaran Rio merupakan atlet profesional. “Jadi atlet profesional nggak boleh kita bantu, kecuali sifatnya promosi. Contohnya Bank Mandiri atau Pertamina, bagian dari promosi bisa,” terangnya.

Dikutip dari laman Kompas (18/11), Rio Haryanto akan kembali berjuang di GP2 Series Bahrain, 19-21 November 2015. Selama sepekan terakhir, Rio sudah berada di Valencia, Spanyol, untuk mematangkan persiapan bersama timnya, Campos Racing.

Awal musim ini, Rio sukses meraih hasil memuaskan di Bahrain. Pebalap berusia 22 tahun itu finis sebagai runner-up pada balapan pertama (feature race) dan tampil sebagai pemenang pada balapan kedua (sprint race).

“Harapannya, semoga Rio bisa naik podium lagi di Bahrain karena dia sedang mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya pada dua seri terakhir,” kata Indah Pennywati, ibunda Rio.

Indah menambahkan, Rio sudah tiba di Bahrain pada Selasa (17/11/2015) pagi WIB. Pebalap kelahiran Solo, Jawa Tengah, itu sudah siap 100 persen untuk bertarung di Sirkuit Sakhir.

“Saat ini, Rio hanya fokus untuk mencari poin sebanyak-banyaknya di Bahrain. Untuk sementara, dia mau melupakan dulu segala hal tentang Formula 1,” tutur Indah melanjutkan.

Hingga seri kedelapan, Rio menempati posisi ketiga di klasemen pebalap dengan 126 poin. Ia terpaut 151,5 poin dari Stoffel Vandoorne (ART) dan 43,5 poin dari Alexander Rossi (Racing Engineering).

Sumber

Agen Poker
loading...