Di Vonis 10 Tahun Penjara, OC Kaligis Ikhlas Mati Dipenjara - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Di Vonis 10 Tahun Penjara, OC Kaligis Ikhlas Mati Dipenjara

on

Sebelum sidang tuntutan dimulai, Kaligis dengan percaya diri sesumbar jika dirinya akan menerima tuntutan dari JPU hukuman yang ringan, tidak lebih dari 2 tahun.

“Orang ( korupsi) Rp 18 miliar saja (hukumannya) 2 tahun kok, tenang saja,” ungkap Kaligis penuh percaya diri.

Perjalanan panjang pengacara kondang Otto Cornelis Kaligis dipusaran kasus suap dana Bansos Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho akan memasuki tahap akhir. Pasalnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yudi Kristiana menuntut pria yang akrab disapa OC Kaligis ini 10 tahun kurungan serta denda sebesar Rp 500 juta subsider 4 bulan penjara.

Sayangnya, rasa percaya diri Kaligis rontok seiring pembacaan tuntutan oleh Jaksa Yudi. Ayahanda artis Velove Vexia ini harus menelan pil pahit dirinya dituntut 10 tahun penjara dengan denda Rp 500 juta subsider 4 bulan kurungan penjara atas perkara dugaan pemberian suap kepada hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan.

“Kami Penuntut Umum menuntut meminta supaya Majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini menjatuhkan amar putusan dengan menyatakan terdakwa Otto Cornelis Kaligis terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi, oleh sebab itu terdakwa dihukum 10 tahun penjara, denda 500 juta, subsidair 4 bulan kurungan penjara,” kata Jaksa Penuntut Umum KPK Yudi Kristiana dalam membacakan surat tuntutan dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), di Jakarta Pusat, Rabu (18/11).

Mendengar tuntutan jaksa yang jauh dari harapan, Kaligis pun hanya bisa pasrah. Namun, dibalik sikap pasrahnya, Kaligis tetap bersikukuh jika dirinya tak bersalah.

“Tidak heran tuntutan seberat ini karena sebelum didakwa jaksa Yudi sudah mengatakan hukuman OC akan sangat berat. Ini memang tuntutan tinggi tapi mudah-mudahan panitera mencatat bahwa Tripeni mengatakan bahwa saya tidak pernah memberikan uang untuk mempengaruhi putusan, bagaimana mungkin Si Gary melihat saya memberikan, karena dia keluar? Itu dipalsukan?” ungkap Kalligis membela diri.

“Semoga kalau benar-benar 10 tahun saya sudah 85 tahun, mungkin 80 tahun saya sudah dipanggil,” tambahnya pasrah.