Balas Serangan, Setya Novanto Akan Laporkan Sudirman Said ke Polisi Siang Ini

42

Mahkamah Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat kembali dibuat sibuk menyusul aduan Menteri Sudirman Said yang melaporkan Ketua DPR Setya Novanto karena dugaan pelanggaran kode etik. Kini kasus Setya Novanto terus bergulir dan siap disidangkan.

Pengacara Ketua DPR Setya Novanto, Rudi Alfonso, memastikan pihaknya akan melaporkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said ke polisi karena telah merugikan kliennya.

Laporan ke polisi akan disampaikan setelah tim hukum mengkonstruksi pasal apa saja yang dilanggar Sudirman.

“Pasti kami laporin,” kata Rudi saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/11/2015).

Sejauh ini, kata Rudi, tim hukum menduga ada tiga pelanggaran yang dilakukan Sudirman Said. Pertama, adalah melakukan penyadapan atau perekaman percakapan secara diam-diam antara Novanto, pengusaha minyak Riza Chalid dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin.

Kedua, pendistribusian konten rekaman itu, yang dapat menyebabkan pencemaran nama baik terhadap Novanto.

Ketiga, melakukan fitnah dengan meyebut Novanto dalam pertemuan itu mencatut nama Presiden dan Wapres, padahal kliennya mengaku tidak pernah melakukan itu.

Namun, Rudi belum menyebutkan pasal apa yang dilanggar Sudirman Said terkait penyadapan secara diam-diam.

“Kalau dalam UU kan yang boleh menyadap itu penegak hukum atas izin ketua pengadilan. Kalau menyadap tanpa hak, akan kita kontsruksikan pasalnya apa. Walau Polisi bisa cari sendri, tapi kita tidak mau. Kita kan orang hukum,” katanya.

Selain masih melakukan penelaahan secara hukum, Rudi juga masih menunggu bukti asli rekaman yang diserahkan Sudirman Said ke MKD. Jika ditemukan hal yang tak sesuai dengan percapakan asli, maka rekaman itu juga bisa menguatkan laporan yang akan disampaikan ke polisi.

“Teradu punya hak dong untuk meminta bukti itu,” ujar dia.

Agen Poker
loading...