Gencar, Kepolisian Belgia Tangkap 16 Orang Terkait Teror Paris

34

Dalam operasi yang digelar Minggu (22/11) malam waktu setempat ini, polisi sempat menembaki sebuah kendaraan di Brussels. Satu orang yang ada di dalam mobil mengalami luka-luka akibat tembakan itu dan ditangkap polisi, meskipun tak diketahui pasti apakah dia terlibat teror Paris.

Kepolisian Belgia menangkap 16 orang dalam operasi terkait serangan teror Paris. Namun operasi ini gagal menemukan buronan tersangka Salah Abdeslam yang berperan penting dalam teror 13 November lalu.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Senin (23/11/2015), operasi ini melibatkan 19 penggerebekan di sejumlah wilayah, termasuk Molenbeek yang menjadi kampung halaman beberapa pelaku teror Paris. Fokus utama penggerebekan ini ialah mencari Salah Abdeslam, salah satu pelaku yang masih buron.

Tiga rumah lainnya di wilayah Charleroi, Brussels bagian selatan, juga digerebek polisi terkait operasi ini. Namun tidak ada temuan bom maupun senjata dari rumah-rumah yang dicurigai tersebut.

“Kami bisa menekankan bahwa tidak ada senjata maupun peledak yang ditemukan. Abdeslam Salah tidak ditemukan saat penggerebekan,” tutur jaksa Eric Van Der Sypt dalam konferensi pers kepada media setempat.

“Sebanyak 16 orang ditahan. Hakim akan memutuskan besok (23/11) apakah mereka akan ditahan lebih lanjut,” imbuhnya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Belgia Charles Michel mengumumkan, Brussels akan tetap berada dalam kondisi siaga tinggi pada Senin (23/11). Sekolah, universitas dan layanan kereta metro ditutup sementara demi mengantisipasi ancaman teror serupa seperti yang mengguncang Paris.

Kepolisian Belgia mendorong media dan warga untuk menahan diri menggunakan media sosial saat operasi polisi tengah berlangsung, karena pihak kepolisian masih memburu Abdeslam hingga kini.