Sambut Pilkada 2015, Tanggal 9 Desember 2015 Jadi Hari Libur Nasional

65

Sapujagat.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang ditetapkan oleh pemerintah jatuh pada tanggal 9 Desember 2015. Penetapan Tanggal 9 Desember 2015 menjadikan Hari Libur Nasional bagi masyarakat guna memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota secara serentak.

Kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 2015, yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 23 November 2015.

“Menetapkan hari Rabu tanggal 9 Desember 2015 sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota secara serentak,” bunyi Keppres tersebut seperti dikutip dari situs sekretariat kabinet, Rabu (25/11).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar N. Gumay menyambut positif keputusan pemerintah menjadikan 9 Desember 2015 sebagai hari libur nasional. “KPU menyambut gembira keluarnya putusan hari pemungutan suara sebagai hari libur nasional, sebagai dukungan pemerintah terhadap partisipasi pemilih di Pilkada. Kami tentu menyambut gembira, ini keputusan yang tepat dan kami sangat menghargai,” kata Hadar kepada wartawan di kantor KPU.

Dengan keputusan menjadikan hari libur nasional, KPU berharap masyarakat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menggunakan hak pilihnya. Harapannya, angka partisipasi masyarakat dalam Pilkada meningkat.

Sebelumnya KPU telah mengajukan permintaan kepada pemerintah agar tanggal 9 Desember dijadikan hari libur nasional. Hal ini karena tidak sedikit pemilih yang terdaftar memilih, memiliki rutinitas di luar daerahnya, namun tidak melaksanakan pilkada.

Namun seperti yang sudah banyak terjadi. Hari Libur Nasional di gunakan untuk Berpergian ke tempat wisata atau kepuncak bagi kalangan masyarakat dan tidak ikut memilih dalam Pilkada.

Sumber