Ketahuan !! Beginilah Video Pencurian Barang Di Bagasi Pesawat Yang Bikin Heboh - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Ketahuan !! Beginilah Video Pencurian Barang Di Bagasi Pesawat Yang Bikin Heboh

on

Publik sedang dihebohkan dengan pencurian barang penumpang pesawat dibagasi pesawat yang telah dipercayakan oleh oknum maskapai penerbangan. Aksi usil tergolong menyebalkan ini membuat para penumpang geram karena barang berharganya raib saat landing padahal sebelum take off tasnya masih tertutup dan barangnya masih ada.

Polsek Semarang Barat membekuk seorang porter yang bekerja di Komplek Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Priyo Adi Wicaksono (21) karena terlibat pencurian barang bagasi dipesawat. Tersangka diketahui merupakan warga Jalan Wologito Utara RT02/RW06, Kelurahan Kembangarum, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Pelaku bekerja sebagai porter di PT. Gapura Angkasa dan khusus untuk Maskapai Garuda Indonesia.

“Saya mencuri di bagasi pesawat. Jadi saat kedatangan tas dibagasi saya buka pakai bolpoint (resleting), sekali beraksi 10 detik,” ungkap Priyo di Mapolsek Semarang Barat, Senin (04/01/2016) kemarin.

Priyo sebagaimana dilansir TribunNews mengaku sudah mencuri bawaan penumpang pesawat sebanyak tiga kali. Rata-rata mendapat telepon seluler, jam tangan mewah hingga uang tunai jutaan rupiah.

Kali terakhir pencurian dilakukan oleh Priyo pada Senin 28 Desember 2015 sekira pukul 21.30 WIB pada penerbangan GA 246. Korban bernama Made yang terbang dari Jakarta menuju Semarang.

“Awalnya saya disuruh dan senior-senior mengawasi saja. Jadi banyak yang seperti itu ( mencuri di bagasi pesawat),” tambahnya.

Kapolsek Semarang Barat Kompol Cahyo Widyatmoko, mengaku meski ada informasi banyaknya pencurian, pihaknya tidak pernah menerima laporan.

“Anehnya di situ. Enggak ada yang lapor juga. Untuk tersangka ini kami kembangkan penyidikannya. Ada empat nama lain (diduga terlibat), inisial A,K,R dan D,” kata Cahyo.

Tersangka, sebut Cahyo, terbilang spesialis pencuri di bandara pesawat penerbangan terakhir.

Cahyo mengaku sudah berkoordinasi dengan otoritas bandara termasuk rekanan perusahaan penyedia porter.

Tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. Dan saat ini ditahan di Mapolsek Semarang Barat, sejumlah barang bukti juga disita polisi.

Aksi detik-detik aktivitas Priyo tertangkap kamera CCTV yang dipasang PT Gapura Angkasa. Rekaman CCTV itu sangat berguna, saat ada kasus semacam ini, terutama kasus pencurian atau pendodosan bagasi penumpang.

Adapun Video Pencurian Barang Di Bagasi Pesawat ini diperoleh atas izin dari GM PT Gapura Angkasa, I Made Karyadha kemudian dipandu oleh Manajer Operasional Gapura Angkasa, Marcelius untuk melihat-lihat file CCTV yang dimaksud.

Marcelius pun menunjukkan beberapa folder di tahun 2015 bulan Desember.

“Maaf pak, untuk tanggal 28 Desember 2015, ada dua pesawat yang loading. Satunya yang nomor penerbangan 246, yang satunya 244. Waktu itu CCTV saya gunakan di pesawat 244,” ujarnya.

“Saat itu sebelum saya pindahkan ke kompatermen 246, saya lihat Adi dan Eka (dua oknum porter yang mencuri barang bagasi) sudah pergi. Jadi yang 246 tidak terekam karena proses loading sudah selesai,” jelas sekuriti itu.

Rekaman ini adalah file CCTV nomor penerbangan GA 246 tanggal 27 Desember 2015, atau satu hari sebelum para oknum porter mendodos bagasi penumpang. Dari rekaman tersebut tampak sejumlah porter, termasuk Priyo Adi Wicaksono menata barang-barang bagasi penumpang di ruang kompartemen pesawat GA 246 rute Jakarta-Semarang, Minggu (27/12/2015) malam.

Suasana di dalam kompartemen sangat minim cahaya, hanya ada satu dua lampu sebagai penerangan.

Berikut ini Video Pencurian Barang Di Bagasi Pesawat atau CCTV yang merekam aktivitas oknum porter sebelum mencuri barang di bagasi penumpang pesawat di Bandara A Yani Semarang :