Mengapa Menteri Yuddy Pangkas 1 Juta PNS ? Inidia Penjelasannya..

41

Pangkas 1 Juta PNS – Banyak publik yang menanyakan soal Pangkas 1 Juta PNS yang di lakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) Yuddy Chrisnandi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) Yuddy Chrisnandi menyatakan, pihaknya berencana Pangkas 1 Juta PNS. Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini mencapai 4,7 juta orang.

“Kira-kira (dikurangi) 1 juta orang,” kata Yuddy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/1).

Baca: Mahasiswa Berprestasi Akan Direkrut Jadi PNS, Begini Cara Daftar Online PNS

Pengurangan atau Pangkas 1 Juta PNS dilakukan hingga 2019 mendatang. Pengurangan atau Pangkas 1 Juta PNS akan menutup peluang ribuan warga yang ingin menjadi PNS. Kebijakan tersebut juga bakal berimbas pada 45 honorer K2 yang pernah dijanjikan Menteri Yuddy untuk diangkat menjadi PNS.

Penjelasan Mengapa Menteri Yuddy Pangkas 1 Juta PNS 

Salah satu alasan Pangkas 1 Juta PNS  yakni efisiensi penggunaan belanja pegawai. Disinggung mengenai penghematan yang didapat dengan adanya pemangkasan, dia lantas memberikan asumsi. “Kira-kira sebulan (ASN) dengan tunjangan terima Rp 3 juta, kalikan 12 bulan. Kalikan 1 juta (jumlah ASN yang rencananya dipangkas),” ujarnya.

Rencana ini, menurutnya memang belum dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Namanya rencana, masih dalam proses pengkajian. Jika udah matang lapor untuk dapatkan persetujuan Presiden. Pengkajian sedang berlangsung, dua minggu ini selesai.”

Baca:  Bingung Cara Daftar PUPNS 2015 ? Jangan Khawatir, Inidia Cara Mudahnya

Agen Poker
Loading...