Sianida, Racun yang Diduga Tewaskan Wayan Mirna - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Sianida, Racun yang Diduga Tewaskan Wayan Mirna

on

Wayan Mirna – Kasus Wayan Mirna Kedokteran Forensik menemukan adanya temuan kematian tidak wajar pada Mirna. Kesimpulan itu didapat Kabid Dokkes Polda Metro Jaya Kombes Pol Musyafak dari hasil autopsi Wayan Mirna yang memukan adanya pendarahan pada lambung Mirna. Penyebabnya adalah zat yang sifatnya korosit atau asam pekat ‎yang dapat merusak jaringan lambung.

Kemungkinan besar, terang Musyafak, zat tersebut adalah sianida. Dalam banyak kasus, sianida menyebabkan kerusakan pada lambung.

Kemungkinan adanya zat sianida di dalam tubuh korban juga dikuatkan dengan keterangan saksi-saksi yang menyebutkan, korban mengeluarkan busa pada mulutnya. “Ciri khas sianida seperti itu, menyebabkan korosit dan mengeluarkan busa di mulut,” kata Musyafak kepada Liputan6, Minggu (10/1/2016).

Lantas Apakah kopi mengandung sianida?

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Hardinsyah mengatakan bahwa kopi tidak mengandung zat jenis sianida. Menurut dia, kopi bukan sumber zat gizi, jadi tidak mungkin membahayakan.

“Kopi lebih banyak kafein dan zat anti oksigen, B1, mineral. Tapi karena diminumnya sedikit, orang ngopi bukan mengharapkan itu, tetapi hanya untuk stimulan agar tidak ngantuk atau menjaga stamina,” kata dia, saat dihubungi Antara News via telpon, Minggu (11/1/2016).

Hardinsyah mengungkapkan bahwa zat jenis sianida biasanya ditemukan pada singkong yang beracun.

Sementara singkong merupakan salah satu bahan untuk membuat creamer yang biasa ditambahkan saat menikmati kopi.

Hal senada juga disampaikan Spesialis Jantung RS Bunda, Dr. Dicky Armein Hanafy.

“Pada umumnya kopi tidak mengandung sianida,” ujar dia.

“Sianida merupakan racun paling mematikan yang merusak sistem saraf central dan sistem saraf otot,” sambung dia.

Menurut dia, bahaya sianida adalah menyerang semua jaringan sehingga tidak terjadi pertukaran oksigen atau disebut mengalami hipoksia yakni kekurangan oksigen dalam jaringan.

“Sehingga kalau memang sianida masuk ke dalam tubuh menyebabkan koma, kejang-kejang dan gagal jantung. Namun, tergantung dosisnya, kalau ringan mungkin hanya sesak napas, sakit kepala, mual,” kata dia.

Spesialis Jantung Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr. Siska S. Danny, SpJP mengungkapkan bahwa sianida merupakan zat toksik yang menghalangi sel manusia menggunakan oksigen sehingga menyebabkan kematian.

Kasus Wayan Mirna, Melihat Wayan Mirna Salihin mengalami kejang usai menyeruput es kopi Vietnam, petugas kedai kopi langsung mengamankan kopi yang ada di meja Mirna. Petugas pun sempat mencicipi kopi yang diseruput korban. Apa rasanya?

“Ada keterangan saksi lain yang signifikan, yang menjelaskan kopi tersebut saat diteteskan ke saksi dan kemudian merasa kebas, mual, dan muntah. Padahal hanya satu tetes nyobanya,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Komisaris Besar Krishna Murti, di Jakarta, Minggu (10/1/2015).

Hasil pemeriksaan Laboratorium Forensik Mabes Polri menyatakan, 1 dari 6 sampel kopi yang diperiksa, salhsatunya satu sample mengandung zat yang diduga sianida. Meski demikian, kepastian dari zat tersebut baru diketahui pada Senen (11/01/16) . Karena saat ini masih ada beberapa unsur yang diperiksa secara laboratoris. Bila Anda belum tau kronologi awal kematian Wayan Mirna, Anda sebaiknya kunjungi Kronologi Mirna Salihin Meninggal Diduga Keracunan Kopi

Ikuti terus perkembangan kasus wayan mirna salihin yang ganjil dibawah ini..

Kasus Wayan Mirna Salihin

Berita Terkait:

Ini 31 Bahaya Kopi Bila Tak Ingin Mati Mendadak

10 Penyakit Penyebab Kematian Mendadak, Ini Cara Mencegahnya

 

Recommended for you