Dosen Ini Mencoba Tangan Robot Iron Man Bali, Apa Katanya?..

Tangan Robot Iron Man Bali – I Wayan Sumardana (31) alias Sutawan/Tawan manusia robot menggerkan warga bali karna tangan robot iron man ciptaannya sendiri. Dr. I Dewa Gede Ary Subagya, dosen Jurusan Teknik Mesin Unud satu di antara dosen yang datang. Ia juga telah mencoba Tangan Robot Iron Man Bali di bengkel las Tawan di Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

Menurut dosen tersebut, ada power di Tangan Robot Iron Man Bali namun Dr. I Dewa Gede Ary Subagya belum bisa menggerakan Tangan Robot tersebut.

”Saya tadi sempat mencoba. Memang ada power pada alat itu, cuma saya belum bisa mengerakkan alat itu,” jelas Gede Ary saat ditemui di kediaman Sutawan.

Dilansir dari pojoksatu.id, Dr. I Dewa Gede Ary mengatakan, di alat tersebut ada alat perekam atau penyimpan data. Juga ada beberapa jenis sensor elektronika.

Dari hasil uji coba yang dilakukan, Gede Ary belum bisa memastikan apakah tangan robot rancangan Tawan memang bekerja sesuai klaim yang disampaikannya sebelumnya.

“Berdasarkan pengamatan saya, lengan robot yang dibuat oleh Sutawan tersebut, jika dilihat dari prinsip kerja robot, masuk akal,” kata dosen lainnya, I Wayan Widiada, ST, MSc, PhD.

Walaupun desain Tangan Robot Iron Man Bali sangat sederhana karena menggunakan barang-barang bekas, namun menurutnya secara struktur sudah memenuhi prinsip kerja robot.

Dari pengamatannya, Ban kepala yang dipakai Tawan mungkin menggunakan komponen EEG yang fungsinya untuk mendeteksi sinyal elektris di otak. Lalu sinyal kemudian diubah menjadi bentuk gelombang yang akan dikirim ke micro controller.

“Ada kok micro controller-nya meski agak tertutup, tapi saya sempat lihat,” katanya.

Dari micro controller ini akan dikirim sinyal menuju motor. Kemudian, output yang dihasilkan berupa respon yakni gerakan atau torsi. Ada dua motor penggerak di bagian persendian lengan robot itu.

“Yang perlu diketahui bagaimana sistem programnya, apa yang menjadi setting command-nya,” ujarnya.

Widiata mengaku akan kembali mengunjungi Tawan untuk mempelajari lebih lanjut cara kerja lengan robot tersebut.

Ia mengatakan, prinsip kerja lengan robot milik Tawan adalah kreasi yang masuk akal, tetapi harus ada pengujian lebih mendalam. Pengujian ini bertujuan untuk menganalisis sistem kerja dan hal lainnya.

“Perlu pengujian di kampus untuk melihat seberapa tingkat error yang dihasilkan alat ini,” kata dia.

Sebelumya, Tawan (31) Asli Banjar Tauman Desa Nyuhtebel Karangasem Bali mampu merancang sendiri robot dari barang bekas seperti komputer dinamo, Sakit yang dialami Tawan sejak dirinya jatuh sakit sekitar enam bulan lalu. Dokter mengatakan, dia menderita stroke ringan, sehingga tangan kirinya sudah lumpuh total. Baca berita lengkapnya di Tawan Si Manusia Robot Gegerkan Warga Bali

Berita Terkait

Beginilah Sosok Robot Yang Akan Dikirimkan NASA ke Mars

Jepang Bikin Heboh Dengan Pernikahan Robot Pertama di Dunia

Duel Robot Raksasa! Amerika dan Jepang Siap Duel Tahun Depan

Melihat Robot Cheetah Yang Bisa Berlari dan Lompat Dengan Algoritma Baru

Agen Poker