Ada 9 Perbedaan Rekonstruksi Versi Jessica dan Polisi

98

Kasus Mirna – Terdapat dua rekonstruksi kasus Mirna yang dilaksanakan di Kafe Olivier Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat pada Minggu, 7 Februari 2016. Berdasarkan informasi yang dihimpun, penyidik ingin mengonfirmasi setiap gerakan Jessica yang terekam dalam CCTV itu kemudian menanyakan apa maksud gerakan Jessica begitu pun para saksi.

Direktur Reserse Kriminal Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Krishna Murti akan membenturkan hasil rekonstruksi versi Jessica Kumala Wongso (27), dan versi penyidik yang berlandaskan keterangan saksi terkait kematian Wayan Mirna Solihin.

Menurut Krishna, Jessica menolak untuk memperagakan hasil rekaman CCTV dan keterangan para saksi.

“Jadi nanti kami sodorkan ke sidang pengadilan yang berita acara dari alat bukti, dokumen, serta keterangan saksi,” ujar Krishna usai menggelar prarekonstruksi di Krishna di Mall Grand Indonesia, Jakarta, Minggu, (7/2).

Patut diketahui, berdasarkan saksi-saksi yang dihimpun penyidik, menurut Krishna, seharusnya Jessica memperagakan sebanyak 65 adegan.

Sedangkan versi Jessica hanya memperagakan sebanyak 56 adegan. Bahkan, Krishna mengklaim, bahwa sebagian rekonstruksi versi Jessica tidak sesuai dengan hasil yang dihimpun penyidik. “Kalau yang bersangkutan (Jessica), ternyata keterangannya tidak sesuai fakta,” katanya.

Hasil Rekonstruksi Kasus Mirna Menurut Kombes Krishna Murti

Krishna mengatakan bahwa ada perbedaan mendasar pada dua rekonstruksi tersebut, yaitu pada jumlah adegan yang disusun berdasarkan kronologi kejadian. “Di versi Jessica ada 56 adegan, dan di rekonstruksi yang didasari fakta dan hasil penyelidikan polisi ada 65 adegan,” kata dia.

Menurut Krishna, yang nanti akan disodorkan pada jaksa di pengadilan adalah berita acara perkara yang lengkap. BAP tersebut harus sudah sesuai dengan alat bukti petunjuk dan keterangan saksi. “Perlu dipahami, tak ada istilah ‘rekonstruksi versi polisi’. Rekonstruksi kedua adalah yang sudah disusun penyidik berdasarkan fakta dan alat bukti,” ujar Krishna.

Krishna menjelaskan bahwa BAP yang akan diajukan ke pengadilan hanya ada satu. “Hanya saja ada dua adegan di dalamnya, karena Jessica punya versi sendiri berdasarkan keterangannya yang masih kami akomodasi.”

Jessica dan pihak pengacaranya menolak terlibat dalam rekonstruksi kedua. “Dia dan dua orang dari kuasa hukumnya sudah menandatangani berita acara penolakan rekonstruksi,” ujar Krishna.

Krishna melanjutkan jika rekonstruksi yang ditolak Jessica bukan untuk menjebak Jessica di persidangan. Namun, Krishna mengklaim, bahwa 9 adegan yang ditemukannya merupakan fakta dari hasil penyidikan.

“Jadi bukan karangan penyidik. Kami menyimpulkan semua dan kami sodorkan di sidang pengadilan,” tegasnya.

Namun saat ditanya kembali perihal perbedaan dari isi kedua rekonstruksi tersebut, Krishna enggan menjawab. Dia hanya mengatakan akan diperlihatkan di pengadilan. “Semua di pengadilan,” tandasnya.

Dari pantauan Tempo, rekonstruksi yang dilangsungkan sejak pukul 09.00 WIB tadi berakhir pukul 19.35 WIB. Mobil polisi pergi beriringan dari gedung West Mal Grand Indonesia diikuti mobil yang dinaiki Jessica.

Berita Terkait

4 Fakta Dari Rekonstruksi Kasus Mirna Hari Ini

Ini Foto Rekonstruksi Kasus Mirna

3 Foto Jessica dan Mirna Yang Heboh Di Sosmed