Jika Tidak Ada Bukti Fisik, Jessica Wongso Siap Bebas - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Jika Tidak Ada Bukti Fisik, Jessica Wongso Siap Bebas

on

Jessica Wongso – Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Waluyo mengatakan bahwa Jessica berhak bebas dari penjara apabila perkara belum selesai selama 40 hari.

“Polisi punya waktu 20 hari untuk penahanan, kalau belum selesai pemberkasan, dia bisa (ajukan) perpanjang 20 hari lagi ke kejaksaan,” ujar Waluyo, Senin (08/02/2016).

“Kalau diperpanjang dua kali, atau sudah 40 hari belum selesai juga, maka tersangka harus keluar, dan bebas,” sambung Waluyo.

Menyakut perkara Jessica Wongso yang di penjara dan belum ada gelar pengadilan, Pakar Kriminologi dari Universitas Indonesia (UI) Bambang Widodo Umar mengatakan Jessica Kumala Wongso bisa lolos di pengadilan jika penyidik tidak bisa menemukan bukti fisik kaitan antara tersangka dengan sianida yang membunuh Wayan Mirna Salihin.

“Alat bukti racun memang susah (dibuktikan di pengadilan),” kata Pakar Kriminologi dari Universitas Indonesia (UI) Bambang Widodo Umar, saat ditemui di Jakarta, Selasa (9/2/2016).

Bambang sebagimana dilansir rimanews, menyontohkan sebuah kasus pembunuhan dengan modus meracuni korban di Amerika Serikat beberapa tahun lalu ketika dibawa ke pengadilan tidak dapat menjerat tersangka.

Menurut Bambang, pengadilan akhirnya memutuskan tersangka tidak bersalah karena tidak ada bukti fisik yang bisa ditunjukkan penyidik untuk mengaitkan racun yang digunakan untuk membunuh dengan tersangka. Bahkan, lanjut dia, pengadilan memutuskan akhirnya korban tewas bunuh diri menenggak racun.

“Tersangka telah ditangkap, namun ketika proses persidangan berlangsung, akhirnya berdasarkan pengumpulan bukti korban diputuskan meninggal karena bunuh diri, sehingga tersangka bebas,” tutur Guru Besar Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) itu.

Untuk itu, Bambang menegaskan penyidik Polda Metro Jaya harus bisa menemukan bukti fisik kuat mengaitkan racun sianida yang membunuh Mirna dengan tersangka Jessica.  “Jika polisi bisa menemukan bukti fisik tentang kaitan Jessica dan sianida maka itu cukup untuk mengarahkan lebih lanjut lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Dermawan Salihin, ayah Wayan Mirna Salihin, mengaku tidak khawatir akan kemungkinan digugat pihak Jessica Kumala Wongso karena banyak mengungkapkan informasi terkait dugaan keterlibatan Jessica dalam kasus kematian putrinya.

“Emang saya pikirin? fight saja, mau dia apa? Saya bapaknya (Mirna) kok. Apa saya salah curigai orang seperti Jessica?” kata Dermawan dalam wawancara dengan Aiman di Kompas TV, Senin (8/1/2016). Baca selengkapnya di sini

Berita Terkait

Jessica Wongso Bebas, Bila Ini Terjadi..

Ini Cara Mbah Mijan Ungkap Kasus Mirna, Bikin Merinding

Tangisan Hani Saat Bertemu Jessica Wongso

Recommended for you