Pakar Kriminolog UI Sebut Tersangka Lain Selain Jessica

137

Kasus Mirna – Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Waluyo Yahya menuturkan Kejati DKI memberikan waktu 20 hari sejak tersangka pembunuh Mirna, Jessica Kumala Wongso resmi ditahan di Penjara Polda Metro Jaya pada 30 Januari lalu.

“Polisi punya waktu 20 hari untuk penahanan, kalau belum selesai pemberkasan, dia bisa (ajukan) perpanjang 20 hari lagi ke kejaksaan,” ujar Waluyo, Senin (08/02/2016).

“Kalau diperpanjang dua kali, atau sudah 40 hari belum selesai juga, maka tersangka harus keluar, dan bebas,” sambung Waluyo.

Sementara itu, Sebagaimana dilansir rimanews, Pakar Kriminologi dari Universitas Indonesia Bambang Widodo Umar mengatakan ada kemungkinan tersangka lain selain Jessica dalam kasus tewasnya Wayan Mirna.

“Bisa jadi kemungkinan untuk terkait pada kelompok lain atau oknum lain, bukan hanya Jessica saja, maka polisi harus jeli, jangan hanya melihat saksi sekitar tempat kejadian,” kata Bambang, di Jakarta, Selasa (9/2/2016).

Bambang juga berpendapat bahwa kasus ini sulit diungkap karena bukti-bukti otentik atau yang fisik telah dihilangkan oleh pelaku, seperti bekas sianida dan lainnya.

“Jika polisi bisa menemukan bukti fisik tentang kaitan Jessica dan sianida maka itu cukup untuk mengarahkan lebih lanjut lagi,” katanya.

Bambang mengungkapkan kasus yang sama sempat terjadi di Amerika beberapa tahun lalu, dugaan pembunuhan dengan racun oleh seseorang, tetapi tersangka akhirnya lolos di persidangan.

Saat itu, tersangka telah ditangkap, namun ketika proses persidangan berlangsung, akhirnya berdasarkan pengumpulan bukti korban diputuskan meninggal karena bunuh diri, sehingga tersangka bebas.

“Alat bukti racun memang susah, seperti kasus Munir, tetapi Munir susah karena banyak faktor politisnya,” imbuh Bambang.

Beda dengan Darmawan Salihin, ia mengatakan bahwa pihaknya siap membawa kasus ini hingga ke tingkat kasasi apabila vonis hakim nantinya tidak memuaskan.

“Iya dong, ini anak kan mati dibunuh orang. Kalau enggak puas, ya kita lanjut naik banding, ke MA (Mahkamah Agung), terus. Karena ini saya yakin banget enggak ada orang lain,” tutur dia.

Berita Terkait

Jessica Wongso Bebas, Bila Ini Terjadi..

Ini Cara Mbah Mijan Ungkap Kasus Mirna, Bikin Merinding

Tangisan Hani Saat Bertemu Jessica Wongso