5 Foto Penampakan Mumi Hewan Aneh di Turki - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

5 Foto Penampakan Mumi Hewan Aneh di Turki

on

Penampakan Mumi –  Pakar arkeologi bingung dengan penampakan menyeramkan mumi di Turki. Makhluk yang ditemukan di gudang bawah tanah kuno itu, kini sedang menjalani proses identifikasi oleh ahli sejarah Turki.

Kepada MailOnline, seorang pakar sejarah Mesir sekaligus pakar mumi hewan di University of Manchester, Dr. Lidija McKnight, mengatakan,”Ini seperti kucing yang menjadi mumi secara alami seperti yang kami temukan di Britania, misalnya di dalam cerobong asap”.

Arkeolog mengemukakan teori bahwa hewan itu kemungkinan berasal dari era prasejarah, sementara, lainnya beranggapan hewan itu sejenis kucing dilihat dari taringnya.

Ahli sejarah Mesir dan ahli mumi hewan di University of Manchester, Dr. Lidija McKnight menyatakan bahwa hewan itu seperti salah satu dari kucing yang dimumikan secara alami dan bisa ditemukan di Inggris.

“Tulang pergelangan kakinya terlihat panjang, seperti ciri-ciri yang ada pada spesies feline,” terang McKnight lagi sebagaimana dilansir Liputan6 dari Daily Mail.

Mumi hewan aneh itu diketahui berukuran satu meter, jika diukur dari hidung ke ujung ekornya.

“Satu meter itu cukup panjang, namun jika spesies kucing liar, mereka bisa lebih besar dari kucing rumahan,” ungkap McKnight.

“Giginya agak aneh, namun jika jaringan lunak sudah melalui proses pembusukan, gigi memang bisa terlihat lebih jelas.”

Mumi hewan ini ditemukan di dalam batu ruang bawah tanah yang padat di bawah rumah seorang pembuat kunci bernama Abudillah Ozturk. Sejak ditemukan, Abudillah menempatkan mumi hewan tersebut di kotak kaca yang ia pajang di jendela bengkel kerjanya. Abudillah mengatakan, belum ada pakar yang berhasil mengidentifikasi mumi tersebut.

“Saya memanggil dua teman pakar arkeologi yang datang dan menganalisis mumi itu,” kata Abudillah.

“Mereka bilang mumi itu adalah spesies yang amat kuno yang mungkin sudah punah namun mereka tidak bisa mengidentifikasi dan tidak tahu dari spesies mana mumi itu berasal,” sambungnya.

Profesor sejarah di Nidge University, Dr. Aydin Topcu mengatakan sudah melihat foto dari mumi tersebut dan menduga bahwa hewan tersebut adalah karnivora atau pemakan daging. Namun, dirinya perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui spesies dan dari periode mana ia berasal.

Ada dugaan kuat, mumi tersebut adalah kucing. Pasalnya, ada sejarah praktik mumifikasi kucing, juga anak manusia yang telah mati, di Anatolia antara abad ke-10 dan ke-13.

Praktik mumifikasi terinspirasi dari praktik membuat mumi kucing yang biasa dilakukan orang Mesir kuno. Kala itu, kucing dijadikan mumi untuk menghormati dewa Mesir berkepala kucing, Bastet.

Bastet, yang digambarkan sebagai mahluk setengah singa dan setengah kucing, adalah dewa perang. Kucing dihormati oleh masyarakat Mesir kuno. Pasalnya, mereka dianggap kawan manusia karena mampu mengusir tikus yang mencuri bahan pangan, juga ular kobra.

Begini penampakan mumi kucing yang diabadikan dari MailOnline:

Berita Terkait

Sebuah Mumi Di Temukan Membeku Di Gunung Tertinggi Di Meksiko

6 Kisah Hantu Di Tempat Bencana Alam Bikin Merinding

Misteri Mumi Monk Duduk di dalam Patung Buddha Kuno

Recommended for you