Rio Haryanto Siap Juara di F1, Begini Kata Dunia - Infotainment News Online Terkini

JagatOtomotif

Rio Haryanto Siap Juara di F1, Begini Kata Dunia

on

Rio Haryanto – Formula 1 Akhirnya akan dijajal oleh Rio Haryanto. Tim Manor resmi mengontrak Rio Haryanto dalam 1 musim penuh F1 Musim 2016.

twit

“Kabar bagus! Kami telah mengontrak Rio Haryanto untuk mengisi mobil kedua kami. Line up pebalap muda dan lapar kami sudah komplet,” demikian di-tweetoleh akun resmi Manor Racing.

Konfirmasi dari Manor ini mengakhiri saga upaya Rio menuju F1. Dalam setidaknya dua bulan terakhir pebalap 23 tahun itu dibayangi ketidakpastian soal bisa atau tidaknya dia turun di ajang F1.

Manor Racing menganggap Rio sudah menunjukkan capaian memesona sejak masih membalap di seri GP2 dan tiga kali uji coba F1.

“Kami sangat senang mengumumkan Rio sebagai pembalap kedua kami untuk 2016. Rio sudah membalap sejak enam tahun di go kart, Rio juga membuat performa memikat di GP2,” ujar Stephen Fitzpatrick selaku owner Manor seperti dikutip dari laman resmi tim.

Dia merasa optimistis Rio bakal menorehkan prestasi di ajang F1. Rio diyakini bakal punya masa depan gemilang di ajang F1.

Fitzpatrick mengatakan, besarnya dukungan dari penggemar Rio di Indonesia merupakan hal bagus bagi tim ataupun ajang F1. “Kami yakin dia (Rio, red) akan menghadapi balapan seru pada tahun-tahun mendatang,” sambungnya.

Rio Haryanto Di Pandang Media Dunia

Berita soal penunjukan Rio sebagai pembalap Manor ini juga diulas berbagai media dunia.BBC, misalnya, memberitakan bahwa pembalap Inggris, Will Stevens, dicoret Manor dan digantikan Rio Haryanto untuk balapan 2016. Media asal Inggris itu juga mengutip pernyataan Rio yang menyebutkan Manor sudah memiliki paket mobil hebat. “Saya tak sabar untuk menaikinya,” ucapnya. Pemilik Manor, Stephen Fitzpatrick, juga berkata, “Ia gigih di dalam dan di luar trek serta membuat kesan luar biasa dalam lomba GP2 musim lalu.”

Situs Autosport.com pun menulis berita dengan judul “Rio Haryanto Meraih Kursi Kedua Manor Formula 1 untuk Musim 2016”. Mereka menulis bahwa kesepakatan antara Rio dan Manor sudah tercapai, meski pengumuman resmi belum dilakukan. Situs ini juga menyertakan daftar pembalap musim ini, termasuk di dalamnya Rio sebagai pembalap kedua Manor.

Adapun ABCnews.go.com menulis dengan judul “Tim F1 Manor Menunjuk Pembalap Indonesia Haryanto sebagai Pembalapnya”. Sedangkan situs balapan Crash.net menulis dengan memakai judul “Rio Berhasil Mengamankan Kursi Pembalap Manor F1”.

“Rio Haryanto joins Manor to become Indonesia’s first F1 driver” tulis media Inggris lainnya, Guardian. Sementara situs resmi F1, F1.com, menampilkan judul “Manor sign rookie Haryanto to complete 2016 grid”.

Ucapan selamat untuk Rio juga datang dari Marc Priestly. Dia adalah mantan mekanik dan kru pit stop Tim McLaren F1 dan kini menjadi jurnalis F1.

rio twit

Dalam jumpa pers bersama manajemennya, PT Pertamina, dan Menpora Imam Nahrawi, di Gedung Utama Pertamina Pusat, Jakarta, Kamis (18/2/2016) sebagaimana dilansir detik, begini jawaban Rio Haryanto saat menjawab pertanyaan awak media.

Bagaimana rasanya akhirnya jadi pebalap F1?

Secara mental, saat ini saya sangat lega karena kita tahu, untuk masuk F1 yang dibutuhkan tak cuma skill, tapi tawaran juga. Terakhir adalah dana,financial support. Kita sudah pas itu. Tinggal bagaimana saya memberikan yang terbaik untuk berprestasi.

Manor bukan tim besar. Lalu, apa yang menjadi target Manor di musim ini?

Minggu lalu kita kedatangan tamu dari Manor, membicarakan target Manor. Direktur mereka bilang, Manor ingin naik ke papan tengah dan mencetak poin. Itu adalah salah satu tantangan besar. Kalau paket mobil kami bagus, ini akan menjadi sebuah bonus bagi saya untuk menunjukkan potensi saya, karena dari segi mobil sepertinya cukup bagus. Tapi kami belum tahu sampai nanti menjajal langsung mobil Manor.

Apa yang kamu tahu tentang rekan setim kamu nanti, Pascal Wehrlein?

Dia sudah masuk duluan dari saya. Dia junior Mercedes, pebalap binaan Mercedes, dan punya ilmu yang lebih dari saya. Dia tiga tahun di DTM (Deutsche Tourenwagen Masters). Saya di GP2, sangat dekat dengan F1. Ada sedikit keuntungan, tapi karena sudah diumumkan sebagai pebalap Manor. Saya tetap percaya.

Perbedaan seperti apa antara GP2 dan F1?

Saya berterima kasih ini perjalanan panjang berliku. Akhirnya kita mendapat kabar baik. Itu harus kita syukuri.

Saya paham, ekspektasi masyarakat Indonesia kelasnya memang beda dari GP2. Semua mobil, mesin, ban sama. Ada peraturannya. Saya ingin belajar sebanyak mungkin. Dengan adanya partnership dengan Mercedes (mesin yang dipakai Manor—Red), saya tidak tahu seberapa besar pengaruhnya. Hingga saat ini kami belum tahu. Saya berharap bisa mendapatkan paket yang bagus.

Manor ambisius, ahli aerodinamisnya dari Ferrari, engineering-nya eks McLaren. Untuk saat ini akan sangat bagus. Kita lihat di pramusim. Saya mohon dukungan dari teman-teman di sini.

Setelah ini, apa yang akan kamu lakukan?

Besok saya berangkat ke Barcelona, karena ada tes pramusim, 22-25 Februari. Habis latihan ada break lima hari, lalu ada ujicoba lagi 1-4 Maret. Tentu saya akan menggunakan waktu semaksimal mungkin dan beradaptasi dengan mobil, kru dan tim yang baru. Saya akan berjuang keras sebagai seri pertama di Melbourne.

Sudah menentukan nomor mobil?

Masih diproses. Saya belum bisa menjawab, karena masih perlu di-approve oleh tim dan FIA.

Semangat Rio Haryanto, tidak ada kata-kata terbaik selain mendoakan yang terbaik bagi Engkau dan Bangsa.

Berita Terkait

Kisah Rio Heryanto dan Potongan Ayat Kursi di Mobil Balap

Pemprov DKI Urungkan Niat Sponsori Rio Haryanto, Ini Penyebabnya

 

Recommended for you