Ini Toh Alasan Rio Haryanto Tidak Jadi Tes Hari Ini - Infotainment News Online Terkini

JagatOtomotif

Ini Toh Alasan Rio Haryanto Tidak Jadi Tes Hari Ini

on

Hasil Tes Rio Haryanto – Dikabarkan sebelumnya bahwa pebalap Rio Haryanto akan tampil lebih cepat dari jadwal sebelumnya. Namun Tim Manor Racing mengubah jadwal Rio Haryanto memjadi Rabu (24/2) bukan Selasa sore (23/2).

“Ada perubahan dari rencana yang sudah kami sebutkan. Kami memutuskan untuk melakukan tes dengan Pascal Wehrlein sampai tes sore hari. Jadi, kita baru bisa melihat debut Rio Haryanto besok,” tulis mereka.

Untuk tes hari ini, sebagaimana dilansir detik, Manor masih memberikan kesempatan kepada Wehrlein, lantaran terlalu banyak waktu terpakai jika harus menurunkan dua pebalap dalam dua kali sesi tes pada hari yang sama. Sebab, perlu mengganti kursi kokpit, posisi pedal, dan berbagai hal lainnya. Sedangkan jeda antarsesi hanya satu jam dan track time harus dioptimalkan.

Pada tes hari pertama, Senin (22/2), Wehrlein menempati posisi kesembilan dari 11 pebalap yang turun ke lintasan. Dia mencatat waktu terbaik 1 menit 28,282 detik. Sementara posisi teratas jadi milik Sebastian Vettel (Ferrari) yang mencatat waktu 1 menit 24,939 detik.

Untuk Anda yang belum tahu mengenai spesifikasi Mobil MRT05 berikut ulasan tambahan mobil yang akan di pakai Rio Haryanto untuk unjuk gigi di esok hari.

Terdapat sejumlah perbedaan di mobil baru dibanding pendahulunya, Manor M03B. Salah satu yang mencolok adalah, Manor kini memakai mesin pabrikan asal Jerman, Mercedes Benz setelah dua musim menggunakan mesin Ferrari. Musim ini, MRT05 menggunakan dapur pacu Mercedez PU106C Hybrid Turbo 1.6 L V6.

Sesuai regulasi F1 yang mengusung mesin hybrid (kombinasi antara mesin listrik dan mekanik), MRT05 juga dilengkapi motor elektrik Motor Generator Unit. MRT05 ini juga mengaplikasikan gearbox (rumah transmisi) semi otomatis buatan Williams dengan 8 percepatan dan satu gigi mundur. Di mobil MRT05 terdapat dua komponen Williams yaitu suspensi belakang dan girboks.

Perangkat tersebut dipasangkan di atas sasis buatan Manor berbahan dasar komposit dengan tulang penyangga model sarang lebah. Penggunaan sasis dari bahan serat karbon membuat bobot mobil kurang dari satu ton. Dilansir dari situs resmi Manor, mobil ini hanya memiliki berat 702 kg.

Dengan spek baru, MRT05 memiliki 750 hingga 850 tenaga kuda di putaran 15.000 rpm. Tenaga ini bisa bisa bertambah dengan bantuan motor elektrik yang ditanamkan pada mobil. Dimensi keselurahan, MRT05 memiliki panjang 500 cm dengan lebar 179 cm dan tinggi 37 cm.

MRT05 telah turun lintasan pada uji coba di sirkuit Catalunya Barcelona. Pembalap Manor, Pascal Wehrlein mendapat kesempatan pertama kali untuk menggeber mobil baru. Dalam sesi uji coba ini, Wehrlein berada di posisi 10 dalam daftar 11 pembalap. Tentu, catatan ini menjadi pekerjaan rumah bagi Manor jelang balapan perdana di GP Australia di Melbourne, (20/3/2016) mendatang.

Mobil hasil rancangan John McQuilliam. Dalam sesi tes resmi di Barcelona, McQuilliam menyebut MRT05 proyek ambisius yang dimiliki tim selama keikutsertaan di balapan F1.

Pria 53 tahun yang pernah bekerja untuk Willams, Arrow, Jordan, dan Spyker ini percaya diri mobil rancangannya bisa tampil kompetitif di ajang F1 musim 2016. “Ini adalah mobil yang paling ambisius dan paling agresif yang pernah kami luncurkan.”

Berita Terkait

Serius Nih Rio Haryanto Tidak Di Gaji ?

20 DP BBM Bergerak Dukung Rio Haryanto Juara F1

Rio Haryanto Siap Juara di F1, Begini Kata Dunia

Kisah Rio Heryanto dan Potongan Ayat Kursi di Mobil Balap

Recommended for you