Inilah Kronologi Tertangkapnya Daeng Azis karena Curi Listrik di Kalijodo

89

Daeng Azis – Setelah buron karna ditetapkan jadi tersangka kasus prostitusi, Tepat pukul 13.30 WIB Daeng Aziz (67) atau bernama asli Abdul Azis tertangkap atas dugaan pencurian listrik.  Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Daniel Bolly Tifaona menyebut alasan Daeng Azis diduga mencuri aliran listrik.

Dia mengatakan Daeng Azis tidak akan bisa menerangi kafe miliknya, Kafe Intan, apabila menggunakan daya yang sesuai dan terdaftar di PLN.

“Daya yang terdaftar 5.500 VA. Namun menurut PLN daya sebesar itu tidak akan sanggup menghidupi lampu dan sebagainya,” kata Kombes Daniel, Jumat (26/2/2016).

Kronologi Penangkapan Daeng Azis

Menggunakan pakaian putih bercorak hitam, Daeng Azis begitu dirinya biasa dipanggil, menemui kerabatnya bernama Syahril di lokasi yang tidak jauh dari Pasar Baru.

Hal tersebut diceritakan oleh penjaga kos-kosan, Wanda yang datang tidak lama dari kedatangan Daeng Azis.

“Saya datang pukul 09.30 WIB dan dia (Azis) sudah datang katanya menemui saudaranya,” ujarnya ketika ditemui di lokasi, Jakarta, Jumat (25/2/2016).

Tepat pukul 13.30 WIB, tanpa sepengetahuan dirinya, tiba-tiba beberapa orang polisi masuk dan menangkap Daeng Azis.

Azis yang sedang berbincang dengan tujuh orang lainnya terpaksa digiring ke Mapolres Jakarta Utara untuk dimintai keterangan.

“Lagi ngobrol santai kok di lobi sini, terus tahu-tahu banyak polisi saja. Ditangkapnya juga tidak ada perlawanan,” ungkap Wanda.

Wanda mengaku tidak mengenal Daeng Azis.

Dia menjelaskan baru pertama kali bertemu dengan penguasa Kalijodo tersebut.

Namun, dirinya sempat takut kala melihat penampilan Daeng Azis.

“Ya beda aja. Pakaiannya necis begitu, pakai kalung sama gelang emas juga. Kan jarang melihat begitu. Biasanya hanya bapak-bapak kantoran saja yang ngekos,” tambahnya.

Penyewa yang bernama Syahril tersebut tercatat baru menyewa satu kamar di lantai bawah Sentral Kost pada Kamis (25/2/2016) pagi.

Wanda mengatakan, Syahril baru saja tinggal sehari di kamar kos tersebut dan membayar untuk biaya sewa harian Rp 275.000, dan janji akan melunasi untuk satu bulan.

Sedangkan Daeng Azis baru terlihat hari ini.

Berselang beberapa menit, Azis yang baru masuk kamar Syahril, langsung diamankan polisi dan dibawa ke Polres Metro Jakarta Utara.

Kafe Intan Milik Daeng Azis

Kafe Intan milik Daeng Azis ini mendapatkan aliran listrik dari sebuah tiang listrik. Tiang listrik tersebut berjarak 200 meter dari Kafe Intan.

Kafe Intan berada setelah turunan jalan. Sebelum turunan terdapat tiang listrik. Dari situ diduga kabel ditarik ke arah seberang kiri yang merupakan bangunan sebaris dengan Kafe Intan, kemudian listrik diduga dialirkan ke Kafe Intan.

Seorang personel polisi dari Polres Jakarta Utara mengisyaratkan Daeng Aziz mencuri listrik yang dialirkan dari sebuah tiang listrik. Namun sekarang listrik yang dialirkan ke Kafe Intan dari sebuah tiang listrik itu sudah dicabut.

“Ada kemarin (instalasi listriknya) tapi sekarang sudah diputus-putusin,” ujar polisi tersebut.

Seorang warga Kalijodo tidak mengetahui sumber aliran listrik yang diduga dicuri Daeng Aziz. “Nggak tahu, nggak ngerti,” kata dia.

Suasana hari ini di Kalijodo tampak sepi. Beberapa warga masih membongkar rumahnya mencari bahan-bahan yang dapat dijual.

Berita Terkait

Akhirnya Daeng Aziz Tertangkap, Ini Alasan Daeng Aziz Menghilang

Pengakuan Anton Medan Tentang sosok “Daeng Aziz”