Catet! Ini Jadwal Pendaftaran SNMPTN dan Tata Caranya

85

SNMPTN – Bagi Anda yang mencari Jadwal Pendaftaran SNMPTN serta Tata Cara Pendaftaran SNMPTN, Anda memilih artikel yang tepat untuk kedua hal tersebut. Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 mulai dibuka, Senin 29 Februari 2016. Pendaftaran SNMPTN 2016 dibuka sampai 22 Maret 2016.

Mulai hari, ini seluruh siswa kelas XII SMA bisa melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. Artinya, sudah saatnya bagi pendaftar menentukan pilihan akan perguruan tinggi negeri (PTN) dan program studi untuk melanjutkan kuliah nanti.

Pendaftaran SNMPTN 2016 dilakukan secara online melalui laman www.snmptn.ac.id. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan masing-masing siswa supaya dapat melakukan pendaftaran dengan benar.

Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Trihanggono Achmad mengatakan, penilaian dalam SNMPTN 2016 berbasis rapor dan indeks sekolah.

“Selain itu, minat siswanya sendiri ingin kuliah di bidang apa,” kata Trihanggono, seperti dikutif Jawa Pos, Sabtu (27/2/2016).

Guru besar bidang clinical biochemistry di Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran Unpad itu menuturkan, saat pendaftaran nanti, siswa harus memeriksa tingkat persaingan dalam SNMPTN 2015.

Kata dia, potensi diterima semakin besar ketika siswa memilih prodi yang tepat. Yakni, prodi yang peminatnya tidak terlalu padat plus nilai rapor dan indeks sekolah asalnya tinggi.

Menurut Trihanggono, peluang diterima di prodi yang peminatnya padat bagi siswa dengan nilai rapor dan indeks sekolah tinggi sejatinya juga tetap terbuka lebar.

Sebaliknya, bagi siswa dengan nilai rapor pas-pasan dan indeks sekolah rendah, potensi lulus di prodi yang ramai peminat semakin kecil.

Trihanggono mengatakan, setiap siswa pasti ingin kuliah di kampus kelas wahid. Namun, kampus-kampus unggulan pasti menjadi seperti gula, menjadi incaran banyak pendaftar SNM PTN dari seluruh Indonesia.

“Realistis dalam menentukan prodi dan universitas itu penting juga,” tandasnya.

Tahun lalu prodi paling tinggi peminatnya di Unpad adalah ilmu komunikasi di fakultas ilmu komunikasi (fikom). Trihanggono mengatakan, lima tahun terakhir Fikom Unpad menjadi yang terbaik di Indonesia.

Sebab, ilmu komunikasi menjadi fakultas sendiri, tidak bergabung dalam fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP) seperti di kampus lainnya.

Setelah ilmu komunikasi, prodi pendidikan kedokteran di Fakultas Kedokteran Unpad tahun lalu ramai peminat. Khusus untuk tahun ini, Trihanggono bakal menyosialisasikan kembali aturan baru di fakultas kedokteran. Dia mengatakan, selu­ruh mahasiswa baru calon dokter dibebaskan dari biaya kuliah.

Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Humas SNM PTN 2015 Bambang Hermanto mengatakan, panitia nasional sudah siap membuka pendaftaran SNMPTN 2016. Termasuk mengantisipasi kejadian terburuk seperti akses internet ngadat.

“Saya ingatkan lagi, jangan kebiasaan mendaftar di belakang masa pendaftaran,” katanya.

Bambang menjelaskan, pengalaman tiap tahun, para pelamar umumnya mendaftar menjelang penutupan. Akibatnya, akses input data ke server menjadi padat bahkan sampai mengganggu akses pendaftaran SNM PTN.

Bambang menuturkan, pendaftaran SNMPTN 2016 itu dibuka mulai 29 Februari sampai 12 Maret. Kelulusan SNMPTN 2016 diumumkan pada 10 Mei.

Menurut Bambang, mulai 29 Februari, panitia menyiapkan fitur melihat rekam jejak permintaan prodi SNMPTN tahun lalu di website pendaftaran. Dengan demikian, siswa bisa menimbang-nimbang untuk memilih prodi di kampus mana.

Tata Cara Pendaftaran SNMPTN

1. Menuliskan NISN dan password untuk login ke laman SNMPTN

Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan harus menuliskan NISN dan password untuk login ke laman SNMPTN. Ini wajib dilakukan agar bisa mengakses laman  www.snmptn.ac.id

2. Isi Biodata 

Bagi kalian calon pendaftar SNMPTN wajib mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih. Bagi peserta yang mendaftar pada pada program studi seni atau keolahragaan, wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah.

3. Cetak Kartu Pendaftaran

Pendaftar mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. Setelah semua proses pendaftaran selesai, peserta harus menunggu hasil seleksi yang akan diumumkan pada 10 Mei 2016.

Perlu diketahui, seleksi yang kerap disebut jalur undangan ini menggunakan pola penyaringan berdasarkan penelusuran prestasi akademis siswa pelamar.

Panitia seleksi di 78 PTN akan melihat nilai rapor semester I hingga V bagi siswa SMA/MA dan SMK yang masa belajarnya tiga tahun. Sedangkan bagi siswa SMK dengan masa belajar empat tahun, seleksi akan menggunakan nilai rapor sejak semester I hingga VII. Pertimbangan lain dalam seleksi tanpa tes ini adalah portofolio akademis peserta.

Agen Poker
Loading...