Heboh, Ini Video Kapal Tenggelam Di Selat Bali Bikin Ngeri! - Infotainment News Online Terkini

Headline News

Heboh, Ini Video Kapal Tenggelam Di Selat Bali Bikin Ngeri!

on

Kapal Tenggelam Di Selat Bali – Kejadian menegangkan saat melihat Video Kapal Tenggelam Di Selat Bali. diketahui bahwa 71 orang penumpang di KMP Ravelia II telah berhasil dievakuasi. Kapal Revacilia tenggelam diperairan Selat Bali, sekitar pukul 15.00 Wita, di sekitar Gilimanuk-Ketapang, Jumat (4/3/2016).

Kasat Reskrim Polres Jembarana, AKP Gusti Made Sudarma Putra mengatakan, kapal yang tenggelam tersebut bukan di wilayah Gilimanuk, Jembarana, tapi sudah memasuki wilayah Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

“Bukan wilayah kita mbak. Itu di wilayah Ketapang, tapi saat ini dari pantauan kami saat ini proses evakuasi,” katanya.

Penyebab Kapal Tenggelam Di Selat Bali

asat Reskrim Polres Jembarana, AKP Gusti Made Sudarma Putra mengatakan penyebab tenggelamnya Kapal Rafelia II kapal diduga adanya kebocoran.

Dia menjelaskan,  sekitar  pukul 13.16 Wita  KMP Rafelia berangkat dari Gilimanuk menuju Ketapang,  sekitar pukul 13.52 Wita KMP Rafelia tiba di pelabuhan Ketapang dan kapal terlihat dalam posisi miring. Dan pukul 14.09 Wita, KMP Rafelia tenggelam dalam posisi baling-baling di atas.

“Dari hasil konfirmasi, SPV ASDP Ketapang  bahwa tenggelamnya KMP Rafelia II diduga karena mengalami kebocoran dan miring pada posisi di belakang Hotel Banyuwangi Beach,” katanya.

Dikatakan, KMP Rafelia II berangkat dari pelabuhan Gilimanuk menuju pelabuhan Ketapang dengan muatan 2 unit truk besar,  1 unit Pikap, 4 unit tronton, 18 unit truk sedang dan 4 kendaraan kecil total 25 unit.

“Hingga saat ini masih dilaksanakan proses evakuasi SAR dan tim sedang melakukan penyelamatan pada penumpang kapal yang tenggelam dan belum dikatahui tentang adanya kerugian dan korban. Proses evakuasinya juga dibantu oleh para nelayan yang ada di sana,” pungkasnya.

Sementara seorang saksi mata berhasil merekam saat kapal Ravelia II tenggelam. Video ini dikutip dari Pojoksatu yang berhasil mendapatkan video tersebut.

Sementara itu, Puluhan mobil yang diangkut Kapal Motor Rafelia 2 ikut tenggelam di Selat Bali, Jumat (4/3/2016). Sedangkan 76 orang penumpang bisa diselamatkan.

“Dari penumpang yang selamat, 10 orang dibawa ke rumah sakit. Sisanya di pelabuhan dan sudah ada yang pulang. Sementara masih ada empat penumpang yang masih dalam pencarian,” jelas General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Yusuf Hadi kepada wartawan, Jumat.

Keempat orang yang belum ditemukan adalah nahkoda, mualim 1, seorang ibu dan anak.

Berdasarkan manifest, menurut Yusuf Hadi, kapal yang berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk tersebut mengangkut 25 kendaraan roda empat dan truk pengangkut barang.

Sedangkan penumpang pejalan kaki sebanyak 18 orang. Untuk total korban, pihaknya masih belum bisa memastikan karena masih ada perubahan data.

“Yang penting kita selamatkan nyawa penumpang dulu,” tegasnya.

Sugi Mulyono, salah satu penumpang yang selamat kepadaKompas.com menjelaskan, ia merasakan kapal miring setelah berlayar setengah jam. Meski kondisinya sudah miring, kapal terus berjalan.

“Pas hampir pelabuhan kapal tenggelam. Saya loncat ke laut pakai pelampung. Semua panik saat itu,” jelasnya.

Sugi mengaku rugi ratusan juta rupiah karena dagangan dan truk miliknya ikut tenggelam.

Ia mengaku, saat berangkat dalam Bali kondisi kapal baik-baik saja dan tidak ada yang mencurigakan.

Sementara itu, puluhan petugas SAR dari Bali dan Kabupaten Jember diturunkan untuk membantu evakuasi dan mencari korban.

“Ada tiga kapal yang dikirim serta helikopter satu unit yang diterbangkan ke lokasi. Besok akan dilanjutkan pencarian,” jelas Yusuf.

 

Recommended for you