19 Manfaat Buah Durian Bagi Tubuh yang Harus Kamu Tahu!

628

Manfaat Durian – Buah tropis beraroma menyengat yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di Indonesia. Meskipun beberapa orang tidak menyukai rasa dan aromanya, ternyata buah durian mempunyai banyak manfaat kesehatan dan dapat dipergunakan juga untuk merawat tubuh kamu.

Buah durian juga dikenal sebagai king of fruit karena mengandung berbagai macam nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin B1, B2, vitamin C, kalsium, kalium serta fosfor yang sangat tinggi. Penasaran apa saja manfaat dari buah durian untuk tubuh kamu? Simak ulasan kami berikut ini.

1. Mengurangi Rasa Lelah

Saat sibuk beraktifitas tentu badan akan mudah merasa lelah karena tenaga dan pikiran terkuras habis. Namun hal ini dapat diatasi dengan manfaat makan buah durian. Dalam 100 gram buah durian ternyata mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebesar 21%, sehingga dapat menambah energi tubuh yang hilang secara instan.

2. Mengobati Anemia

Anemia atau biasa disebut dengan darah rendah tentu cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Buat kamu yang menderita animia, mengonsumsi durian ternyata bisa menjadi salah satu obatnya, karena durian memiliki kandungan folat, tembaga, dan juga zat besi yang mampu mengatasi masalah kekurangan darah didalam tubuh.

3. Mengobati Insomnia

Terlalu sering begadang dan banyak beban pikiran tentu dapat dengan mudah membuat kamu menjadi gejala insomia atau susah tidur. Bagi kamu yang menderita insomnia, buah durian dapat menjadi salah satu solusi untuk mengobatinya karena kandungan triptophan yang mampu menenangkan pikiran dan tubuh sehingga menjadi lebih rileks.

4. Meningkatkan Konsentrasi

Beberapa saat yang lalu telah dilakukan uji coba terhadap 200 pelajar di Twickenham School, dimana pada siswa ini dibiasakan mengkonsumsi buah durian pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Hasil yang didapatkan adalah para siswa menjadi lebih serius dan meningkatkan konsenstrasi dalam belajar, dikarenakan buah durian memiliki kandungan kalium yang tinggi dimana kandungan ini dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan konsenstrasi.

5. Mengontrol Diet

Kegemukan dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satu diantaranya adanya tekanan pekerjaan yang tinggi. Sebuah penelitian di Institute of Psychology di Austria menunjukkan bahwa tekanan pekerjaan dapat mendorong orang menjadi banyak makan dan ngemil menyebabkan susah untuk diet. Salah satu hasil kajian dari penelitian tersebut adalah tubuh memerlukan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi setiap 2 jam sekali untuk menjaga kestabilan tubuh, dan buah durian memiliki kadar karbohidrat sebesar 20-39%. 

6. Nutrisi Tulang dan Gigi

Karena mengandung kalsium, kalium serta vitamin B1 dan B2 yang tinggi, buah durian sangat bagus dikonsumsi oleh anak yang masih dalam usia pertumbuhan karena memiliki unsur-unsur yang diperlukan dalam pertumbuhan tulang dan gigi. 

7. Membantu Menghaluskan Kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit tentu akan menjadi kusam dan kasar. Salah satu cara menghaluskan kulit secara alami kembali adalah dengan menggunakan buah durian sebagai masker. Buah durian memiliki kandungan vitamin C sebesar 80% yang merupakan faktor penting dalam pembentukan kolagen yang sangat baik untuk menjaga keremajaan kulit.

8. Menyamarkan Noda Hitam

Flek atau noda hitam pada wajah tentu sangat mengganggu sekali terutama bagi kamu para wanita. Untuk menghilangkan noda hitam pada wajah, campurkan buah durian yang kuning dan matang dengan 2 sendok makan madu. Campuran tersebut dapat digunakan sebagai masker wajah. 

9. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Kandungan antioksidan dalam buah durian ternyata dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Menggunakan masker berbahan dasar buah durian secara rutin dapat mencegah dan menghilangkan jerawat yang tentunya sangat mengganggu penampilanmu.

10. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Selain dapat mencegah dan menghilangkan jerawat, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah durian juga dapat mengurasi resiko terkena penyakit kanker. Kandungan antioksidan dari berbagai macam jenis vitamin pada buah durian dapat menghancurkan radikal bebas, dimana radikal bebas adalah salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker.

11. Menjaga Kelembaban dan Kekencangan Kulit

Kandungan flavonoid pada buah durian mampu meregenerasi sel kulit yang sudah mati, sehingga kulit kamu dapat terjaga kelembaban dan kekencangannya. Caranya dengan menjadikan daging buah durian yang berwarna kuning dan matang sebagai bahan dasar masker wajah anda sebelum tidur. Gunakan masker durian 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit wajah sehat dan terjaga kekencangannya.

12. Membantu Berhenti Merokok

Untuk mencegah efek dari tubuh yang telah kecanduan nikotin yang disebabkan oleh rokok, mengkonsumsi buah durian menjadi salah satu cara efektifnya. Kandungan vitamin B6,B12, kalium dan magnesium pada buah durian dapat membantu tubuh bertahan dari efek ketagihan nikotin. 

13. Mengurangi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk 

Banyak orang yang telah berhasil setelah mencoba cara yang satu ini. Sebelum kamu menggunakan krim gigitan nyamuk, bisa mencoba terlebih dahulu dengan menggosokkan bagian dalam kulit durian pada bagian yang digigit nyamuk. Cara ini dapat mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk.

14. Mencegah Sembelit 

Durian adalah buah yang mengandung serat sebanyak 37%, maka dengan mengkonsumsi buah durian tentu memiliki dampak yang sangat baik untuk pencernaan. Serat yang terdapat dalam buah durian mampu menyerap air sehingga buang air besar dapat lebih lancar.

15. Menjaga Fungsi Kelenjar Thyroid 

Tembaga memiliki peran yang sama dengan yodium, yaitu menjaga kesehatan kelenjar thyroid. Buah durian memiliki kandungan tembaga yang mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh akan zat ini.

16. Mengurangi Kerutan Pada Kelopak Mata

Tanda-tanda munculnya penuaan pada kelopak mata sering terjadi pada usia 30an.Tanda-tanda dari penuaan ini adalah timbulnya kerutan, garis halus, kendur dan munculnya lingkaran hilang di area mata. Buah durian dapat mengatasi gejala-gejala penuaan yang timbul tersebut, karena dapat mengurangi Kerstin di sudut mata hingga 33% dan juga mampu mengencangkan kulit hingga 55%.

17. Mencegah Penuaan Dini

Ada tiga faktor yang menyebabkan penuaan dini, antara lain adalah intarinsic aging, ekstensic aging dan hormonal aging. Dari ketiga faktor tersebut,ekstenic aging merupakan penyebab penuaan dini yang paling mudah untuk dicegah. Untuk mencegah penuaan dini, gunakan daging buah durian secara rutin sebagai masker, karena buah durian kaya akan kandungan vitamin E dan C yang baik untuk kulitmu.

18. Sebagai Obat luka 

Buah Durian ternyata juga berkhasiat untuk mengobati luka. Ambil sebagian daging dari buah durian dan tempelkan pada luka kemudian plester atau balut.

19. Mengurangi Resiko Terkena Stroke 

Menurut penelitian di The New England Journal of Medicine, dengan mengkonsumsi buah durian sebagai bagian dari menu harian dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke sampai 40%.

Ternyata buah durian yang memiliki aroma dan rasa yang menyengat ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuhmu. Bagaimana, masih berminat untuk menikmati buah yang satu ini?

Berita Terkait

17 Resep Rahasia dari Tiongkok Kuno Agar Dapat Hidup Sehat Sampai Tua

Agen Poker