Inidia Manfaat Gerhana Matahari Yang Harus Kamu tahu - Infotainment News Online Terkini

JagatLifestyle

Inidia Manfaat Gerhana Matahari Yang Harus Kamu tahu

on

Manfaat Gerhana Matahari – Efek Gerhana Matahari yang selama ini yang kita tahu adalah berdampak buruk bagi mata kita jika melihat secara langsung gerhana matahari total. Namun tahukah kamu bila ada manfaat Gerhana Matahari untuk kesehatan?

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Jornal of Pharmacy and Bioallied Sciences mengungkapkan bahwa fenomena alam gerhana matahari dapat mempengaruhi pertumbuhan dari beberapa bakteri.

Gerhana matahari memiliki dampak terhadap mikroba, salah satunya terhadap bakteri penyebab diare atau Escherichia coli.

Penelitian tersebut dilakukan saat 2010 ketika India mengalami gerhana matahari. Tim peneliti melakukan eksperimen terhadap beberapa bakteri seperti Staphylococcus aureus, Klebsiella species, Escherichia coli, dan C albicans. Mereka mengisolasi bakteri dalam kultur dan mencari tahu dampak cahaya gerhana matahari terhadap bakteri tersebut.

Metode yang dilakukan adalah dengan menumbuhkan bakteri-bakteri tersebut pada kultur, kemudian para peneliti memberikan antibiotik lalu kultur tersebut dijemur pada dua kondisi, sinar matahari penuh dan sinar matahari saat gerhana selama durasi tertentu.

Hasil dari uji penjemuran tersebut sebagaimana dilansir pojoksatu, ternyata cukup nyata terlihat. Berdasarkan hasil penelitian, terungkap bahwa pertumbuhan bakteri pada sinar matahari saat gerhana melambat dibandingkan dengan kultur bakteri yang dijemur sinar matahari penuh.

Perlambatan pertumbuhan akibat perbedaan cahaya matahari tersebut terjadi pada semua bakteri dengan semua perlakuan antibiotik, termasuk pada E coli. Meskipun diberikan antibiotik, namun pertumbuhan bakteri pada kultur ini masih tergolong di atas rata-rata.

Meski banyak mitos yang mengatakan bahwa cahaya sinar matahari pada gerhana berbahaya bagi manusia, namun tim peneliti tidak berspekulasi tentang hal tersebut. Peneliti menyatakan bahwa cahaya gerhana matahari terhadap kehidupan mikroba tidak sampai mengancam kehidupan mikroba.

“Berdasarkan penelitian kami, kami dapat menyimpulkan bahwa paparan sinar gerhana matahari masih dapat mendukung kehidupan manusia juga mikroba,” tulis peneliti.

“Namun penelitian lebih lanjut dibutuhkan terutama pemanfaatan cahaya gerhana matahari untuk peningkatan imun tubuh dan menargetkan penghancuran sel-sel ganas guna membantu kehidupan manusia.”

Ramalan Buruk Gerhana Matahari

Seorang astrolog yang mengklaim telah memprediksi serangan teror Paris mengatakan gerhana matahari pekan ini akan disusul bencana alam yang menyebabkan malapetaka di Eropa Utara.

Kosmobiolog Inggris Peter Stockinger, seperti dilansir pojoksatu dari Mirror, mengatakan posisi bintang-bintang sejajar saat peristiwa langka Rabu, 9 Maret ini, merupakan pertanda datangnya cuaca buruk, yang bisa jadi mendatangkan bencana.

Selengkapnya

Berita Terkait

Oh Ini Toh Penampakan Awan Menyerupai Orang Sedang Rukuk

10 Meme Lucu Gerhana Matahari Yang Kocak Abis

10 Foto #GMT2016 Di Seluruh Wilayah Indonesia Yang Paling Eksklusif

Recommended for you